PENGARUH PENDAPATAN, PENDIDIKAN DAN KONSUMSI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA BALIKPAPAN PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

Authors

  • deden deden 081253039988

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v1i01.12

Keywords:

pendapatan, pendidikan, konsumsi, kesejahteraan, indeks pembangunan manusia (IPM).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan terhadap kesejahteraan masyarakat, pengaruh pendidikan terhadap kesejahteraan masyarakat, pengaruh konsumsi terhadap kesejahteraan masyarakat dan pengaruh secara bersama-sama pendapatan, pendidikan, dan konsumsi terhadap kesejahteraan masyarakat kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur dalam kurun waktu tahun 2005-2014.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data regresi linier berganda. Alat ukur yang digunakan dalam kesejahteraan masyarakat adalah nilai indeks pembangunan manusia (IPM). Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel PDRB, pariabel pendidikan, variabel konsumsi masyarakat dan variabel  IPM kota Balikpapan pada tahun 2005-2014.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) ada pengaruh signifikan positif pendapatan terhadap kesejahteraan masyarakat kota Balikpapan, 2) ada pengaruh signifikan positif pendidikan terhadap kesejahteraan masyarakat kota Balikpapan, 3) ada pengaruh signifikan positif konsumsi terhadap kesejahteraan masyarakat kota Balikpapan, 4) pendapatan, pendidikan, dan konsumsi mempunyai pengaruh signifikan posistif terhadap kesejahteraan masyarakat kota Balikpapan. Dari hasil tersebut disarankan 1) pemerintah daerah dapat memberikan kontrol terhadap pertumbuhan nilai PDRB dalam memberikan kebijakan untuk investor yang ingin berinvestasi, 2) pemerintah daerah agar dapat memberikan dukungan terhadap program peningkatan mutu pendidikan, 3) kecenderungan masyarakat untuk konsumsi non makanan lebih ditingkatkan lagi, 4) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesejahteraan.

Downloads

Published

2018-06-26

Issue

Section

Articles