PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. NS BLUESCOPE LYSAGHT INDONESIA CABANG MAKASSAR

Authors

  • Sadariah Sadariah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara
  • Ince Hasyim H Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara
  • Mansur Mansur Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v5i2.125

Keywords:

Motivasi, Komitmen OrganisasiKinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. NS Bluescope Lysaght IND cabang Makassar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistic jumlah respoden sebanyak 33 orang dengan teknik sampel jenuh hasil penelitian menunjukkan:  (1) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan   dengan hasil uji-t, nilai t hitung > t tabel dengan nilai sig. (0,015 < 0,05). (2) komitmen organisasi berpengaruh terhadap terhadap kinerja karyawan. Dengan hasil uji  t hitung > t dengan nilai sig. (0,004 < 0,05) : (3) motivasi dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.dengan hasil uji F diperoleh nilai F hitung > F tabel (33,900 > 3,32) dengan sig. (0,000 < 0,05).

 

References

Busro, 2018. Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-1, Prenamida Group, Jakarta.

Hasibuan, 2016. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas. Bumi Aksara, Jakarta.

Inayah, Nurul. 2016. Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di Koppontren Uspps Ausath Blokagung Banyuwangi. Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis. (Online), Vol.2 No.2 (https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/istiqro/article/view/29), diakses pada 27 September 2020.

Meyer dan Allen. 2011. Commitment in the Workplace. Terjemahan: Widyatama, dkk. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Nugroho, Adrianus Adhi. 2017. Skripsi: “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Yayasan Budi Bakti Karya MASF Balikpapan Kalimantan Timur)”. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Poerwandani, Thomas Aquino Yoga. 2017. Skripsi: “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Operator Warnet Merapi Online Group Yogyakarta”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Prawirosentono dan Primasari, 2017. Kinerja Dan Motivasi Karyawan. BPFE, Yogyakarta.

Rahmat, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar

Rahmat. 2016. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar.

Rajagukguk, Pater. 2016. Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada PT. Challenger Tangerang). Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika. (Online). Vol.4 No.1. (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/283), diakses pada 27 September 2020.

Sadariah, 2016. Menjadi Pemimpin Sejati dari Teori ke Praktek Dalam Perspektif Perubahan. Cetakan Pertama. Bintang Selatan, Makassar.

Sopiah, 2008. Perilaku Organisasi, Andi, Yogyakarta.

Sudaryo, Yoyo dkk. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Andi, Bandung

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sumardjo, M dan Priansa, D.J. 2018. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Konsep-Konsep Kunci. Alfabeta, Bandung.

Susanto, Yohanes. 2017. Pengaruh Motivasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Palembang). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. (Online), Vol.2 No.1. (https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1150), diakses pada 27 September 2020.

Syaifuddin, 2018. Motivasi Dan Kinerja Pegawai. Indomedia Pustaka, Sidoarjo.

Wibowo, 2015. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Rajagrafindo Persada, Depok

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles