PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SABUN LIFEBUOY DI DESA PATUMBAK KAMPUNG KECAMATAN PATUMBAK

Authors

  • Sri Afriliani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Wan Dian Safina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v5i2.128

Keywords:

Brand Awareness, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Brand Awareness dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun Lifebuoy di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan dalam pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 450 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 82 orang. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Nilai koefisien untuk variabelBrand Awareness (X1) sebesar sebesar 0,622, dimana nilai t-hitung 8,386 > t-tabel 1,990 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima dapat dinyatakan bahwa variabel Brand Awareness (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun Lifebuoy. Nilai koefisien untuk variabel Promosi (X2) sebesar 0,311, dimana nilai t-hitung 4,194 > t-tabel 1,990 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima dapat dinyatakan bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun Lifebuoy. Nilai F hitung sebesar 92,248 > F tabel 3,11 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, yang artinya hasil uji F membuktikan bahwa Brand Awareness (X1) dan promosi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).

References

Alma Buchari, 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: C.V Alfabeta.

Alma, Buchari, 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta Arikunto, S (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23

(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV

Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,

Bandung

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:

Alphabet.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT

Alfabet.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles