This is an outdated version published on 2021-12-29. Read the most recent version.

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP JUMLAH SISWA PADA SEKOLAH ADVENT DI KALIMANTAN

Authors

  • Charlyne Sterly Warouw Universitas Advent Bandung

Keywords:

Kepemimpinan transformasional, kompetensi guru, jumlah siswa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh model kepemimpinan transformasional dan kompetensi guru terhadap jumlah siswa pada sekolah Advent di Kalimantan. Populasinya ialah sekolah-sekolah Advent di Kalimantan, jumlah sampel 77 data.  Ada dua variable bebas yang menjadi acuan, yakni Kepemimpinan Transformasional (X1) dan Kompetensi Guru (X2), kemudian satu variable terikat, Jumlah Siswa (Y).  Data yang terkumpul kemudian dianalisa menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji t), Uji F (Serempak), Analisa data dilakukan dengan software SPSS versi 26 untuk pengujian dan pembuktian hipotesis dalam penelitian ini.  Dari hasil pengujian keabsahan kwesioner ditemukan bahwa nilai Cronbach alpha yaitu .926 dinyatakan valid dan reliabel. Dari uji normalitas data ditemukan nilai signifikansi Kolmogorov-Smirnov adalah .062 > .05 berarti data terdistribusi normal. Uji linearitas menunjukkan angka .353 > .05 untuk X1 dan .621 > .05 untuk X2, yang berarti kedua variable bebas tersebut memiliki hubungan linear secara signifikan dengan variable terikatnya yaitu Y.  kemudian uji multikolinearitas menunjukkan nilai Tolerance X1 dan X2 adalah .98 > .10 kemudian nilai VIF sebesar 1.02 < 10.00 artinya tidak terjadi gejala multikolinearitas dalam model regresi. Lalu dari uji heteroskedastisitas ditemukan nilai Sig. X1 = .211 > .05 dan X2 = .284 > .05 berarti tidak terjadi gejala heteroskedastisitas dalam model regresi. Uji F menunjukkan nilai Sig. adalah .008 < .05 artinya X1 dan X2 secara simultan berpengaruh terhadap Y dengan nilai R square = 12.2 %. Kemudian uji t menunjukkan nilai Sig. X1 = .004 < .05 dan X2 = .101 > .05 berarti secara parsial, ada pengaruh X1 terhadap Y sedangkan X2 secara parsial tidak menunjukkan pengaruh terhadap Y.

Kata kunci :  kepemimpinan transformasional, kinerja guru, jumlah siswa

 

ABSTRACT

This study aims to find out the effect of transformational leadership models and teacher competence on the number of students in Adventist schools in Kalimantan. The population is Adventist schools in Kalimantan, the number of samples is 79 data. There are two independent variables that become the reference, namely Transformational Leadership (X1) and Teacher Competence (X2), then one dependent variable, Number of Students (Y). The collected data was then analyzed using Multiple Linear Regression, Partial Test (t test), F test (simultaneously), Data analysis was carried out with SPSS version 26 software for testing and proving the hypothesis in this study. From the results of testing the validity of the questionnaire, it was found that the Cronbach alpha value of .926 was declared valid and reliable. From the data normality test, it was found that the Kolmogorov-Smirnov significance value was .062 > .05, meaning that the data were normally distributed. The linearity test shows the numbers .353 > .05 for X1 and .621 > .05 for X2, which means that the two independent variables have a significant linear relationship with the dependent variable, namely Y. Then the multicollinearity test shows the Tolerance value of X1 and X2 is .98 > .10 then the VIF value of 1.02 < 10.00 means that there is no symptom of multicollinearity in the regression model. Then from the heteroscedasticity test, the Sig value was found. X1 = .211 > .05 and X2 = .284 > .05 means that there is no symptom of heteroscedasticity in the regression model. F test shows the value of Sig. is .008 < .05 meaning that X1 and X2 simultaneously affect Y with a value of R square = 12.2%. Then the t test shows the value of Sig. X1 = .004 < .05 and X2 = .101 > .05 means that partially, there is an effect of X1 on Y while X2 partially shows no effect on Y.

Keywords: transformational leadership, teacher performance, number of students

References

A. Said (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Evaluasi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 2 No 1. http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77

Burns, JM., (1978). Leadership. NY, Harper dan Row.

Bass, B. M., (1985). Leadership and Performance. NY Free Press.

Dirgantoro, K. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166

F. B. Septyan, M. Musadieq, M. D. Mukzam. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Dan Kinerja (Studi Pada Karyawan Cv. Jade Indopratama Malang). Jurnal Adminisrasi Bisnis Vol. 53 No. 1.

Retrieved from: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2185

J. Sudrajat. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. Vol. 13. No. 2

http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Hoesny, M., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123-132. Retrieved from :https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595

Lumbangaol, N. (2017). Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Volume: 4, No. 2 Hal: 213-219. Retrieved from: https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1295/715

Muizu, W. O. Z., Kaltum, U., & Sule, E. T. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. PERWIRA: Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia. Vol. 2 No. 1.

Peraturan pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 28 ayat 3;

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Retrieved from :

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/peraturan-pemerintah-nomor-74-tahun-2008-tentang-guru

Senny, M., Wijayaningsih, L., & Kurniawan, M. (2018). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 197-209. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p197-209

Syaidah, Umu; Suyadi, Bambang; ANI, Hety Mustika (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 185-191, aug. 2018. ISSN 2548-7175.

https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316

Y. Kadarusman & D. Sunarsi. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS [Jurnal Sekolah] Vol. 4 No. 3

https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18762

Downloads

Published

2021-12-29

Versions

Issue

Section

Articles