http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/issue/feed Jurnal Edueco 2023-04-12T16:40:28+00:00 deden deden@uniba-bpn.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Edueco</strong> published by the Program Studi Pendidikan Ekonomi, the Faculty of Teacher Training and Education, Balikpapan University, which is published twice a year in June and December. It contains articles of research or study of literature in the field of Teaching and Learning Economy Education , Economy. Articles are written in English and Bahasa.</p> <p><a title="ISSN 2621-7511 (Media online)" href="http://u.lipi.go.id/1525494102" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2621-7511 (Media online)</a></p> <p><a title="ISSN 2621-3931 (Print)" href="http://u.lipi.go.id/1527050501" target="_blank" rel="noopener">ISSN 2621-3931 (Print)</a></p> http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/128 PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SABUN LIFEBUOY DI DESA PATUMBAK KAMPUNG KECAMATAN PATUMBAK 2022-10-14T21:42:45+00:00 Sri Afriliani sriapriliani99@gmail.com Wan Dian Safina wandiansafina@umnaw.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Brand Awareness dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun Lifebuoy di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan dalam pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan di Desa Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 450 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 82 orang. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Nilai koefisien untuk variabelBrand Awareness (X1) sebesar sebesar 0,622, dimana nilai t-hitung 8,386 &gt; t-tabel 1,990 dan signifikan sebesar 0,000 &lt; 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima dapat dinyatakan bahwa variabel Brand Awareness (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun Lifebuoy. Nilai koefisien untuk variabel Promosi (X2) sebesar 0,311, dimana nilai t-hitung 4,194 &gt; t-tabel 1,990 dan signifikan sebesar 0,000 &lt; 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima dapat dinyatakan bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun Lifebuoy. Nilai F hitung sebesar 92,248 &gt; F tabel 3,11 dengan nilai sig. 0,000 &lt; 0,05, yang artinya hasil uji F membuktikan bahwa Brand Awareness (X1) dan promosi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).</p> </div> </div> </div> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/125 PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. NS BLUESCOPE LYSAGHT INDONESIA CABANG MAKASSAR 2022-09-06T05:30:59+00:00 Sadariah Sadariah ssadariah3@gmail.com Ince Hasyim H incehasyim@gmail.com Mansur Mansur sadariah852@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. NS Bluescope Lysaght IND cabang Makassar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistic jumlah respoden sebanyak 33 orang dengan teknik sampel jenuh hasil penelitian menunjukkan: &nbsp;(1) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan &nbsp;&nbsp;dengan hasil uji-t, nilai t hitung &gt; t tabel dengan nilai sig. (0,015 &lt; 0,05). (2) komitmen organisasi berpengaruh terhadap terhadap kinerja karyawan. Dengan hasil uji &nbsp;t hitung &gt; t dengan nilai sig. (0,004 &lt; 0,05) : (3) motivasi dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.dengan hasil uji F diperoleh nilai F hitung &gt; F tabel (33,900 &gt; 3,32) dengan sig. (0,000 &lt; 0,05).</p> <p>&nbsp;</p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/131 PENGARUH KEUNIKAN PESAN IKLAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PASTA GIGI PEPSODENT DI DESA PATUMBAK KAMPUNG 2022-10-29T11:05:39+00:00 SRI AFRILIANA ANA sriafriliana197@gmail.com wan Dian Safina wandiansafina@umnaw.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Keunikan Pesan Iklan Dan Brand Image Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Di Desa Patumbak Kampung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini masyarakat Desa Patumbak Kampung berjumlah 300 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 75 sampel. Nilai koefisien untuk variabel Keunikan Pesan Iklan (X1) sebesar 0,685 dimana nilai t-hitung 9,974 &gt; t-tabel 1,993 dan signifikan sebesar 0,000 &lt; 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima dapat dinyatakan bahwa variabel Keunikan Pesan Iklan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pasta gigi pepsodent. Nilai koefisien untuk variabel Brand Image (X2) sebesar 0,286 dimana nilai t-hitung 4,165 &gt; t-tabel 1,993 dan signifikan sebesar 0,000 &lt; 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, dinyatakan bahwa variabel Brand Image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Nilai F hitung sebesar 155,670 &gt; F tabel 3,12 dengan nilai sig. 0,000 &lt; 0,05, yang artinya hasil uji F membuktikan Keunikan Pesan Iklan (X1) dan Brand image (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Selanjutnya Nilai Adjusted R Square 0,807 yang berarti hubungan variabel Keunikan Pesan Iklan dan Brand Image terhadap keputusan pembelian sebesar 80,7%</span></div> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 SRI AFRILIANA ANA, wan Dian Safina http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/136 A. COMPENSATION AND COMPETENCE IN MOTIVATION WORK ON EMPLOYEE PERFORMANCE FINANCING COMPANIES 2022-11-14T15:34:09+00:00 Maryani Maryani maryaniminhadj@gmail.com Hasriani Hasriani hasrianikanda@gmail.com Sugianto Sugianto dallesugianto07@gmail.com Harun Abdullah abdullahharun434@gmail.com <p><em>This study aims to determine and analyze the effect of work motivation through compensation programs and increasing employee competency both partially and simultaneously on improving the performance of employees of finance companies in Makassar City. This type of research is quantitative with secondary data. The population in this study were all finance company employees in Makassar City. The sampling technique used purposive sampling so that 37 respondents were selected as FIF company employees. Data collection techniques using questionair and data analysis used is SPSS. The results of this study indicate that work motivation through the program of providing compensation and increasing employee competence partially or simultaneously influences the increase in employee performance at FIF financing companies in Makassar City.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/139 Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara Melalui Pengembangan UMKM 2022-12-14T09:52:24+00:00 Devi Nadya Dea devinadyahsb0309@gmail.com Windi Mayani Dalimunthe windimayanidalimunthe@gmail.com Asrul Aswinanta Dongoran Asrulaswinanta2001@gmail.com Hendri Hendri hh0947296@gmail.com Sari Wulandari sariwulandari@umnaw.ac.id Wan Dian Safina wandiansafina@umnaw.ac.id <p>Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi&nbsp;&nbsp; di&nbsp;&nbsp; sumatera utara,&nbsp;&nbsp; Usaha&nbsp;&nbsp; Kecil&nbsp;&nbsp; Menengah&nbsp;&nbsp; (UKM)&nbsp; digambarkan&nbsp; sebagai&nbsp; sektor&nbsp; yang&nbsp; mempunyai&nbsp; peranan&nbsp; penting. Kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu cara agar produk kreatif daerah dapat dikenal dan memberikan peluang bisnis bagi pelaku usaha di daerah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari pengetahuan dan memahami tentang dampak apa saja yang timbul dari Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara Melalui Pengembangan UMKM. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi wadah yang baik bagi penciptaan lapangan pekerjaan yang direncanakan baik oleh pemerintah, swasta dan pelakunya usaha perorangan. peran pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dipandang sangat penting guna meningkatkan pendapatan perkapita maupun meningkatkan perekonomian suatu daerah</p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/127 PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Toko Retail (DH Mart) Pondok Modern Darul Hikmah Putri Tawangsari Tulungagung) 2022-09-28T07:11:38+00:00 Adib Minanur Rokhim Adibminanur@gmail.com Imam Sukwatus Suja'i doktorsujai@gmail.com <p>Kegiatan dunia usaha seperti bisnis retail sudah menjadi suatu perhatian yang menarik dalam kehidupan masyarakat. Model usaha tersebut dapat dilihat dari banyaknya jenis usaha retail. Salah satu toko retail tumbuh dan berkembang di Tulungagung adalah toko retail DH <em>Mart</em>. Agar mampu bertahan di tengah persaingan DH <em>Mart</em> menerapkan strategi manajemen untuk menarik konsumen dan memenuhi kepuasan konsumen, salah satunya tuntutan konsumen terhadap harga, produk dan layanan yang berkualitas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan konsumen di DH <em>Mart</em> yang merupakan Toko Retail Pondok Moderen Darul Hikmah Putri Tawangsari Tulungagung. Sampel yang digunakan sebanyak 136 responden. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menujukkan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen Toko Retail (DH <em>Mart</em>), selanjutnya kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen Toko Retail (DH <em>Mart</em>), dan secara bersama-sama harga dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen Toko Retail (DH <em>Mart</em>). Untuk penelian selanjutnya dapat menggunakan variabel yang berbeda seperti kualitas produk, display toko, atmosfir toko, dan lokasi toko.</p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/126 PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi pada Wisata Jurang Senggani (Buper) Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung) 2022-09-24T03:55:23+00:00 Rekawati Suyatno Rekawatisuyatno12345@gmail.com Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti mariaagathawidya@yahoo.co.id <p>Fasilitas merupakan segala sesuatu yang sengaja disediakan oleh penyedia jasa untuk dipakai serta dinikmati oleh konsumen yang bertujuan memberikan tingkat kepuasan yang maksimal. Jika fasilitas yang disediakan kurang maksimal maka dapat mempengaruhi kepuasan konsumen atau pengunjung. Namun bukan hanya fasilitas saja yang mempengaruhi akan tetapi kualitas pelayanan juga yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen atau pengunjung, karena dengan adanya pelayanan yang baik dan ramah maka para pengunjung akan terlihat sangat senang dan puas sehingga meningkatkan daya tarik tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung wisata Jurang Senggani (Buper) Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuensioner) dan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel </sub>yaitu 8,655 &gt; 1,9690. Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel </sub>yaitu 7,918 &gt; 1,9690. Fasilitas dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai F<sub>hitung</sub> &gt; F<sub>tabel</sub> yaitu 827,359 &gt; 3,031918.</p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/138 PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILING, E-FORM, E-SPT, E-BILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM (STUDI KASUS UMKM COFFEE SHOP DI KABUPATEN PATI) 2022-12-01T10:35:04+00:00 Taufiq Andre Setiyono tugaspaktaufiq@gmail.com Talitha Mazmur Kinanthining Christi akwilamazmur@gmail.com <p><em>This study aims to empirically examine the effect of the application of the e-filing sistem, e-form, e-spt and e-billing on the compliance of coffee shop SME taxpayers in Pati. The data used are primary data obtained from 30 Coffee Shop respondents. The analytical method used is IBM SPSS26 Multiple Linear Regression Analysis to determine the effect of independent variabels on variabels. The results of this study indicate that e-filing has a negative and significant effect on taxpayer compliance, e-form has a positive and significant effect on taxpayer compliance, e-SPT has a negative and significant effect on taxpayer compliance, e-billing has a negative and significant effect on compliance. taxpayer</em></p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/137 PENERAPAN SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK PARKIR PADA BAPENDA KOTA MAKASSAR 2022-11-19T05:55:28+00:00 ILHAM ZAINUDDIN SALLE ilhamsalle33@gmail.com Amirah Kallabe mirah.kallabe@gmail.com Sudirman Kati sudirmankati15@gmail.com William Surya Limoa limoawilliam@gmail.com Josina Lawalata inel310@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan sistem pemungutan pajak parkir dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) pada Bapenda Kota Makassar. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu mengumpulkan data kemudian melakukan wawancara dan analisa serta diolah dari obyek yang diteliti dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Pajak Parkir terhadap PAD Kota Makassar dikatakan rendah atau tidak melewati target yang telah di tentukan dikarenakan wajib pajak parkir tidak taat atau lalai membayar pajak.</p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/134 PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. CODESHOP MAKASSAR 2022-11-13T01:25:02+00:00 Ady Andardinata Ady Andardinata adyandardinata173@gmail.com Andi Rifqah Purnama Alam pitta@gmail.com Try Yuyun Handayani tyuyun233@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em>Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Codeshop Makassar</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan 34 sampel (responden). Metode analisis yang digunakan pada penelitian&nbsp; ini adalah deskriptif kuantitatif dan analisis statistik regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan dalam penelitian adalah hasil dari persamaan regresi berganda yaitu <strong>Y = 0,533 + 0,493X</strong><strong><sub>1 </sub></strong><strong>+ 0,498X</strong><strong><sub>2 </sub></strong>untuk mengetahui apakah ada hubungan antara budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada CV. Codeshop Makassar. Kemudian dilanjutkan dengan koefisien korelasi sebesar (0,674) dan koefisien determinasi (0,454), uji-f dan uji-t, hasil perhitungan regresi berganda diperoleh nilai f hitung &gt; f tabel (12,898 &gt; 3,29) dengan tingkat signifikan (0,000 &lt; 0,05) sehingga budaya organisasi dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya hasil uji-t terhadap variabel budaya organisasi diperoleh nilai t hitung &gt; t tabel (3,138 &gt; 1,695) dengan nilai sig. (0,000 &lt; 0,05) maka demikian Ho ditolak H1 diterima, artinya budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara variabel motivasi terhadap kinerja karyawan menghasilkan t hitung &gt; t tabel (2,479 &gt; 1,695) dengan nilai sig. (0,000 &lt; 0,05) sehingga H1 diterima Ho ditolak. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Codeshop Makassar.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci: <em>Budaya Organisasi, Motivasi, Kinerja.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><em>The Influence of Organizational Culture and Motivation on Employee Performance</em> at <em>CV. Codeshop Makassar</em>. This study aims to determine the effect of organizational culture and motivation on employee performance. This study used 34 samples (respondents). The analytical method used in this research is descriptive quantitative and statistical analysis of multiple linear regression. The results obtained in the study are the results of multiple regression equations, namely <strong>Y = 0.533 + 0.493X1 + 0.498X2</strong> to determine whether there is a relationship between organizational culture and motivation on employee performance at CV. Codeshop Makassar. Then continued with the correlation coefficient of (0.674) and the coefficient of determination (0.454), f-test and t-test, the results of multiple regression calculations obtained F arithmetic &gt; F table (12.898 &gt; 3.29) with a significant level (0.000 &lt; 0, 05) so that organizational culture and motivation have a positive and significant effect on employee performance. Furthermore, the results of the t-test on the organizational culture variable obtained the value of T count &gt; T table (3.138 &gt; 1.695) with a sig value. (0.000 &lt; 0.05) then Ho is rejected. H1 is accepted, meaning that organizational culture has a positive and significant effect on employee performance. Meanwhile, the motivation variable on employee performance resulted in T count &gt; T table (2,479 &gt; 1,695) with a sig. (0.000 &lt; 0.05) so that H1 is accepted, Ho is rejected. Thus the results of the study indicate that organizational culture and motivation have a significant effect on employee performance at CV. Codeshop Makassar.</p> <p>Keywords: <em>Organizational Culture, Motivation, Performance</em>.</p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/141 DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE 2022-12-19T07:45:11+00:00 Juwari Juwari juwari@uniba-bpn.ac.id <p><em>The purpose of this study is to determine and analyze financial performance before and during the Covid-19 pandemic based on Current Ratio, Quick Ratio, Debt to Assets Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Return on Equity in Food And Beverage Sub-Sector companies. The data analysis method uses a normality test, namely Shapiro Wilk, and a hypothesis test, namely paired t-test samples. The results of the analysis show that there is no significant difference in terms of liquidity ratios, namely the current ratio, quick ratio, debt to assets ratio, solvency ratio, namely debt to equity ratio, and profitability ratio, namely net profit margin and return on equity.&nbsp; Keywords: Financial Performance, Current Ratio, Quick Ratio, Debt to Assets Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Return on Equity. </em></p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Edueco http://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/148 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA USAHA UMKM DI BALIKPAPAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 2023-04-12T16:40:28+00:00 Deden deden deden_bsb@yahoo.co.id <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha UMKM sentra industry tahu dan tempe di Balikpapan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah orientasi kewirausahaan (X1), inovasi produk (X2) dan teknologi (Y) sedangkan variabel terikat yaitu kinerja usaha UMKM (Y). Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif Adapun pengambilan sampel menggunakan Teknik non-probability random sampling yaitu sampel jenuh dimana jumlah anggota sampel merupakan seluruh jumlah populasi yang berjumlah 56 orang pemilik usaha.</p> <p style="font-weight: 400;">Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha, Inovasi Produk berpengaruh terhadap Kinerja Usaha dan Teknologi berpengaruh terhadap kinerja usaha. Dan secara simultan orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan teknologi berpengaruh terhadap kinerja usaha.</p> 2022-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 deden