AKOMODASI PONDOK PESANTREN TERHADAP KURIKULUM NASIONAL

Authors

  • Firman Firman FKIP UNIBA
  • Prita Indriawati FKIP Universitas Balikpapan

Keywords:

Akomodasi, Pesantren, Kurikulum Nasional

Abstract

Penelitiian ini mengkaji tentang akomodasi pondok pesantren terhadap kurikulum Nasional di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu proses penelitian dengan melakukan pengkajian terhadap fenomena, serta kejadian, dalam kehidupan santri. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pondok pesantren mengakomodasi kurikulum nasional dalam proses pendidikan. Penelitian dilakukan dengan mengambil tempat di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrumen berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa pondok pesantren mengakomodasi kurikulum nasional dengan mengelompokkan tiga jenis mata pelajaran yaitu kelompok A berisi tentang pengetahuan yang bersumber dari DPP Hidayatullah dengan tetap mengacu pada kurikulum Nasional, Kelompok B materi kurikulum tetap dari pusat yang dilengkapi dengan muatan lokal, kelompok C yaitu ilmu kepesantrenan. Proses pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di tiga tempat yaitu Asrama mengajarkan tentang Life skill, di Madrasah pengetahuan umum dan agama, dan di Masjid ilmu diniyah, sehingga biasa di sebut Pembelajaran integral. Pelaksanaan akomodasi kurikulum menghadapi beberapa kendala yaitu dari (1) keterbatasan pembinaan dari pemerintah terkait penerapan kurikulum karena perubahan regulasi, (2) kurangnya modalitas guru untuk mengikuti adanya perubahan kurikulum, (3) keterbatasan pendampingan dari orangtua santri yang menyerahkan sepenuhnya urusan anaknya ke pondok.

References

Ambady, K. G., & Mathew, S. (2018). Teachers ’ Perspectives on Curriculum Accommodation for Teachers ’ Perspectives on Curriculum Accommodation for Students With Intellectual. September.

Budi, A. M. S., & Apud, A. (2019). Peran Kurikulum Kulliyatul Mu’Allimin Al-Islamiyah (Kmi) Gontor 9 Dan Disiplin Pondok Dalam Menumbuhkembangkan Karakter Santri. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 1. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1835

Burga, M. A., Arsyad, A., Damopolii, M., & Marjuni, A. (2019). Akomodasi Kebijakan Pendidikan Nasional Bagi Pondok Pesantren DDI Mangkoso. At-Tarbawi, 1(1), 41–62.

Erdawati. (2020). Rekonstruksi kurikulum, studi kasus pada pondok pesantren jabal rahmah kecamatan sungai tarab kabupaten tanah datar. Jurnal El-Hekam, 1(1), 31–44.

Firman, F., Rama, B., Damopoli, M., & Shabir U., M. (2020). Realitas Pembelajaran Konten Keislaman Dan Keindonesiaan Di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan. Al-Qalam, 26(1), 155. https://doi.org/10.31969/alq.v26i1.817

Saifuddin, A. (2016). Eksistensi Kurikulum Pesantren Dan Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 207. https://doi.org/10.15642/pai.2015.3.1.207-234

Sulaiman, A. (2017). Integrasi Kurikulum Madrasah Ke dalam Kurikulum Pesantren Di Pondok Pesantren Modern Darunnajat Pruwatan Bumiayu Brebes. Tesis Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah JakartaProgram Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto.

Sulaiman, R. (2016). Pendidikan Pondok Pesantren: Institusionalisasi Kelembagaan Pendidikan Pesantren. ’Anil Islam, 9(1), 148–174.

Downloads

Published

2021-12-31 — Updated on 2022-02-02

Versions

Issue

Section

Articles