PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN SKINCARE WARDAH (study kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun)

Authors

  • Risma Nurhaini Munthe Universitas Simalungun
  • Resna Napitu Universitas Simalungun

Keywords:

Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat variabel kesadaran merek terhadap keputusan pembelian produk kecantikan skincare Wardah pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun. Peneliti menggunakan metode kuantitatif, karena berdasarkan pengamatan atau observasi awal yang peneliti lakukan, ternyata masalah yang sedang dihadapi lebih sesuai untuk diteliti dengan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun dan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh merek terhadap produk kecantikan skincare Wardah. Penelitian ini menggunakan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun di Pematangsiantar sebagai populasi penelitian karena Mahasiswa adalah suatu masyarakat yang memberikan informasi sebagai kebutuhan terutama bagi para perempuan. Hasil pengujian dari SPSS untuk Uji t menunjukkan bahwa kesadaran merek dan keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap produk kecantikan skincare Wardah. Hasil pengujian untuk SPSS untuk Uji F menunjukkan nilai Fhitung 24,557 > Ftabel yang artinya dapat disimpulkan bahwa variabel bebas yakin kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian

References

Arianty, dkk. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.

Firmansyah, M. A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). In PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran) Oleh Dr. M.Anang Firmansyah, S.E.,.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Kotler, Philips dan Gary Armstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. In Jurnal Administrasi Bisnis.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. In Jakarta: Erlangga.

Manullang. (2013). Manajemen Pemasaran dalam Kompetensi Global. Medan: Akasha Sakti.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.

Suharno dan Yudi Sutarso. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, D. (2012). konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen. In konsep dasar RISET PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN.

Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, Dan Kasus. In Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran (Cetakan pe). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen. BPFE, Yogyakarta

Downloads

Published

2021-12-29 — Updated on 2022-02-02

Versions

Issue

Section

Articles