PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KAP, PROFITABILITAS, TINGKAT LEVERGE, SOLVABILITAS, LIKUIDITAS DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020)

Authors

  • Rauli Situmeang Universitas Prima Indonesia
  • Heppy Buulolo Universitas Prima Indonesia
  • Wilsa Road Sitepu Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Ukuran KAP, Profitabilitas, Tingkat Leverge, Solvabiitas, Likuiditas, Opini Audit

Abstract

Penelitian bertujuan guna memahami pengaruh ukuran perusahaan, ukuran KAP, profitabilitas, Tingkat Leverge, likuiditas, solvabilitas, opini audit terhadap pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Beberapa penelitian sebelumnya mengenai audit delay memperlihatkan hasil yang berbeda - beda. Oleh karena itu, penelitian lain perlu dilakukan untuk menguji ulang teori tentang audit delay. Populasi penelitian ini sebanyak 72 Perusahaan Manufaktur Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh 44 perusahaan sampel untuk 3 tahun pengamatan (2018 - 2020) dengan 132 observasi (pengamatan). Data penelitian diperoleh dari perusahaan sampel yang diunduh dari website Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Proses analisis data yang dilakukan terlebih dahulu adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda lalu kemudian pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa hanya reputasi KAP yang berpengaruh secara signifikan terhadap audit delay. Pengaruh ukuran perusahaan, ukuran KAP, profitabilitas, Tingkat Leverge, solvabiitas, likuiditas maupun opini audit. Hasil penelitian ini secara simultan Ukuran perusahaan, profitabilitas opini auditor dan reputasi KAP berpengaruh secara simultan terhadap audit delay.

References

Ani Yulianti. 2011. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Audit delay (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2008). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Apriyana. Nurahman. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Ukuran KAP Terhadap Audit delay Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013- 2015. Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Volume VI Nomor 2.

Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariate dengnan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Lie, Crhristian, dkk. 2016. Pengaruh Likuiditas, Solvanilitas, Prpfitabilitas terhadap Opini Audit Going Corcern (Studi Empiris Pada perusahaan Manufaktur di BEI). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol.1 , No. 2, Hlm 84-105

Soemargini, F. I., 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Kap, Dan Opini Auditor Terhadap Audit delay. Nominal, pp. 1-15.

Widosari, Shinta Altia, 2012. “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Audit delay Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010”, Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNDIP.

Yuliana dan A.Y. Ardiati. 2004. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit delay di Indonesia”, Modus 16 (2): 135-146.

Yulianti, Ani. 2011. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Audit delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2007- 2008). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles