PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi pada Wisata Jurang Senggani (Buper) Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung)

Authors

  • Rekawati Suyatno Universitas Bhinneka PGRI
  • Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v5i2.126

Keywords:

Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung

Abstract

Fasilitas merupakan segala sesuatu yang sengaja disediakan oleh penyedia jasa untuk dipakai serta dinikmati oleh konsumen yang bertujuan memberikan tingkat kepuasan yang maksimal. Jika fasilitas yang disediakan kurang maksimal maka dapat mempengaruhi kepuasan konsumen atau pengunjung. Namun bukan hanya fasilitas saja yang mempengaruhi akan tetapi kualitas pelayanan juga yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen atau pengunjung, karena dengan adanya pelayanan yang baik dan ramah maka para pengunjung akan terlihat sangat senang dan puas sehingga meningkatkan daya tarik tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung wisata Jurang Senggani (Buper) Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuensioner) dan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai thitung > ttabel yaitu 8,655 > 1,9690. Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,918 > 1,9690. Fasilitas dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 827,359 > 3,031918.

References

Akbar, J. M. (2020). Pengaruh Pelayanan,Obyek, dan Daya Tarik Wisata Serta Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan.

Andari, C. L. S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung Studi kasus pengunjung The Sila`s Agrotourism Br. Batusesa, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Universitas Sanata Dharma.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete. Diponegoro: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ishak, A. (2012). Analisis kepuasan pelangan dalam belanja online sebuah studi tentang penyebab(Antecedents) dan kosekuensi (Consequents). Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 141–154.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution, M. . (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Ramadhan, G. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada PT JOEDHOPRAJITNO SPBU 64.701.02 Kota Banjarmasin). Universitas Islam Kalimantan.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Yuriansyah, A. L. (2013). Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1).

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles