PENGARUH KEUNIKAN PESAN IKLAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PASTA GIGI PEPSODENT DI DESA PATUMBAK KAMPUNG

Authors

  • SRI AFRILIANA ANA UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH MEDAN
  • wan Dian Safina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v5i2.131

Keywords:

keunikan pesan iklan, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Keunikan Pesan Iklan Dan Brand Image Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Di Desa Patumbak Kampung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini masyarakat Desa Patumbak Kampung berjumlah 300 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 75 sampel. Nilai koefisien untuk variabel Keunikan Pesan Iklan (X1) sebesar 0,685 dimana nilai t-hitung 9,974 > t-tabel 1,993 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima dapat dinyatakan bahwa variabel Keunikan Pesan Iklan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pasta gigi pepsodent. Nilai koefisien untuk variabel Brand Image (X2) sebesar 0,286 dimana nilai t-hitung 4,165 > t-tabel 1,993 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, dinyatakan bahwa variabel Brand Image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Nilai F hitung sebesar 155,670 > F tabel 3,12 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, yang artinya hasil uji F membuktikan Keunikan Pesan Iklan (X1) dan Brand image (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Selanjutnya Nilai Adjusted R Square 0,807 yang berarti hubungan variabel Keunikan Pesan Iklan dan Brand Image terhadap keputusan pembelian sebesar 80,7%

References

Alma Buchari, 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: C.V Alfabeta.

Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian, Yogyakarta : Andi, 2014

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Adan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Jaiz, Muhammad. (2014). Dasar-Dasar Periklanan Cetakan ke I. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kotler, Keller. (2016). Marketing Management 15e Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Malau, Harman. (2018). Manajemen Pemasaran “Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Modernisasi Global” . Bandung : ALFABETA

Manullang, M dan Hutabarat, E. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Yogyakarta : Indomedia Pustaka.

Nurul Evita, (2017) Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung Tahun).

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Andung : Alfabeta.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Bandung : Alfabeta.

Vitratin, Bisri Marduani, Rianti, (2021) Iklan Media Televisi Dan Citra Merek Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pasta Gigi Pepsodent

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles