PENGARUH PENGEMBANGAN SDM, PROFESIONALISME, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Authors

  • Arvina Tri Susilowati Universitas Islam Batik Surakarta
  • Bambang Mursito Universitas Islam Batik Nusantara
  • Supawi Pawenang Universitas Islam Batik Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.143

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Pengembangan SDM, Profesionalisme, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sukoharjo. Populasi yang digunakan adalah seluruh pegawai negeri sipil (PNS) yang berjumlah 74 pegawai yang ada di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sukoharjo. Sampel ini menggunakan tekhnik sampel Sensus, dalam penelitian jumlah sampel 74 pegawai. Metode dalam penelitian meliputi meliputi analisis regresieberganda uji asumsi klasik, ujiokelayakan model, ujiohipotesis dan uji determinasi dengan program SPSS 21. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder di dapat dengan cara observasi, dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menerangkan Pengembangan SDM, Profesionalisme, dan Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai.

References

Anastiti, D. I. (2021). Pengaruh Konflik Peran Ganda, Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Wanita Cv. Berdikari Putra Abadi. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Fakultas Ekonomi Uniba Surakarta, 86-90.

Farida, Umi., dan Hartono, Sri., (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia II, Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.

Hanafi, A., & Zulkifli. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi, 7, 406-422.

Jamil. 2016. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru, Bandung: AR-RUZZ MEDIA.

Juniarti, B. I. (2021). Lingkungan Organisasi Dan Etos Kerja Dalam Msdm. Dalam B. I. Atty Tri Juniarti, Lingkungan Organisasi Dan Etos Kerja Dalam Msdm (Hal. 25). Purwokerto, Banyumas: Cv. Pena Persada.

Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 170-181.

Rani, F., Lambey, L., & Pinatik, S. (2018). Pengaruh Integritas, Kompetensi, Dan Profesionalisme Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Riset Akutansi Going Concern, 41-51

Royley Chris, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Raja grafindo Persada

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Ikapi.

Suhada, A. (2019). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Dialogika Manajemen dan Administrasi, 1, 11-18.

Telaumbanu, A. (2018). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akutansi Dan Manajemen PEMBNAS, 1-10.

Rani, F., Lambey, L., & Pinatik, S. (2018). Pengaruh Integritas, Kompetensi, Dan Profesionalisme Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Riset Akutansi Going Concern, 41-51

Fahmi, I. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Benjamin, T. R. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dalam T. R. Benjamin, Teori Dimensi Pengukuran Dan Implementasi Dalam Organisasi (Hal. 2). Yogyakarta: Zahir Publishing.

Munajat, J. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Pengembangan Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani

Zulkarnain, Zulkarnain, and Wuri Mirawati. 2019. ―Karakteristik Dewan Direksi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.‖ Cakrawala Repositori IMWI 2(2): 72–81

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles