PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN ENERGY DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2021

Authors

  • Lestari Putri Halawa Universitas Prima Indonesia
  • Hendra Universitas Prima Indonesia
  • Sri Puspa Dewi universitas Al-Azhar Medan
  • Rosta Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.156

Keywords:

ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, pertumbuhan penjualan, harga saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan Energy di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2021. Penelitian ini di kelola dengan menggunakan SPSS 25. Perusahaan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu perusahaan Energy di Bursa Efek Indonesia dengan populasi terdiri dari  80 perusahaan, dan menggunakan 12 perusahaan sebagai sampel yang memenuhi kriteria dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji mengungkapkan bahwa secara parsial variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Harga saham pada Perusahaan Energy di Bursa Efek Indonesia tahun 2020 -2021, sedangkan variabel Pertumbuhan perusahaan dan variabel Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh signifikan  terhadap harga saham pada perusahaan Energy di Bursa Efek Indonesia tahun 2020 -2021. Berdasarkan dari hasil pengujian simultan variabel Ukuran perusahaan, Pertumbuhan perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan tidak ada pengaruh terhadap Harga Saham pada Perusahaan Energy di Bursa Efek Indonesia tahun 2020 -2021.

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Harga Saham.

References

Meinurut Pahuja and Sahii (2012) “Factors affeictiing capiital structurei deiciisiions: eimpiiriical eiviideincei from seileicteid iindiian fiirms. Iinteirnatiional journal of markeitiing, fiinanciial seirviiceis and manageimeint reiseiarch, 3(3), 76-86.”

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods Research): Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) Sebuah Panduan Komprehensif. Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Jogiyanto, 2014. Teori Porfolio dan Analisis Investasi (Edisi ke 10). Yogyakarta

Subramanyam. K. R dan John J. Wild. 2014. Analisi Laporan Keuangan. Penerjemah Dewi Y. Jakarta

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles