PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA)

Authors

  • Tedi Sumarna Bangun Universitas Prima Indonesia
  • Mas Intan Universitas Prima Indonesia
  • Riski Universitas Prima Indonesia
  • Fitrija Universitas Prima Indonesia
  • Nurul Universitas negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.162

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Loyalitas Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap loyalitas konsumen pengguna Shopee di Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala Likert, teknik analisis regresi linear berganda dipilih dengan benar untuk digunakan sebagai dasar pengujian hipotesis dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan pada prinsipnya regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan tidak bebas, seberapa besar variabel tidak bebas mempengaruhi variabel independen sehingga pada akhirnya dapat ditentukan juga apakah ada hubungan positif dan signifikan antara variabel yang diteliti. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia), Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel Harga terhadap Loyalitas Konsumen Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia), Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel-variabel Promosi yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia), yaitu variabel independen Kualitas Produk,Harga, dan Promosi mempengaruhi variabel non-bebas Loyalitas Konsumen sebesar 52,9% sedangkan sisanya 47,1% (100% - 52,9%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalampenelitian ini, seperti kepuasan konsumen, layanan admin toko kepada konsumen dan sebagainya.

References

Abdullah. A, M. Rizan (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Alakasa Extrusindo. Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/233686/Pengaruh-Harga-Dan- Kualitas-Pelayanan-Terhadap-Loyalitas-Pelanggan-Pada-Pt-Alaka. Dilihat Pada 23 April 2023.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Azwar, Saifuddin. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diansyah, D., & Putera, R. M. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. July 2017. Media Ekonomi dan Manajemen 32(2).

https://www.researchgate.net/publication/322740319_Pengaruh_Ekuitas_Merek_Dan_Promosi_Penjualan_Terhadap_Loyalitas_Pelanggan_Dimediasi_Keputusan_Pembelian.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Undip.

Gujarati, D. (1988). Ekonometrika Dasar. Alih Bahasa : Drs. Ak. Sumarno Zain, MBA. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, N. K. (2010). Riset Pemasaran. Edisi 4. Penerbit Indeks. Jakarta.

Pardede, R. F., & Hadi, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Citra Merek Handphone Samsung. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/54. Dilihat pada 2 Juni 2023.

Pongoh. M 2013. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel Di Kota Manado.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2576. dlihat pada 15 Juni 2023.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sani, Achmad. 2010. “Manajemen Sumberdaya Manusia”. Cetakan 1, UM Press: Malang.

Walpole, R. E., Myers, R. H. (1995). Ilmu Peluang Dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuawan. edisi ke-4.Bandung: Penerbit ITB.

Widarjono, A. (2018). Ekonometrika Pengantar Dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews. Edisi kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Yana Rohmana, 2010. Ekonometrika, Teori, dan Aplikasi dengan Evieuss. Bandung, Lab. Pendidikan Ekonomi Koperasi FPEB UPI.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles