PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DITINJAU DARI IBU BEKERJA DAN IBU RUMAH TANGGA DI SEKOLAH ALAM JABALUSSALAM BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Azizah Nasucha universitas balikpapan
Keywords: Ibu bekerja, ibu rumah tangga, kemandirian anak usia pra sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan kemandirian anak yang dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya ialah status kerja ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian anak usia pra sekolah ditinjau dari ibu bekerja dan ibu rumah tangga di Sekolah Alam Jabalussalam.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis komparatif dengan populasi berjumlah sebanyak 148 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan skala kemandirian anak usia pra sekolah yang kemudian di analisis dengan menggunakan uji Hipotesis Independent Sample t-Test.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan nilai thitung > ttabel (5,085 > 1,675) dengan taraf nilai signifikansi 0,05 pvalue (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan nilai rata-rata yaitu 11,17029 untuk tingkat kemandirian anak usia pra sekolah yang diasuh oleh ibu bekerja dan nilai rata-rata 90,7308 untuk tingkat kemandirian anak usia pra sekolah yang diasuh oleh ibu rumah tangga. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemandirian anak usia pra sekolah ditinjau dari ibu bekerja dan ibu rumah tangga di Sekolah Alam Jabalussalam Tahun Ajaran 2017/2018.

Published
2019-06-30
Section
Articles