ENTERPRENEURSHIP SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 BALIKPAPAN PADA BISNIS ONLINE SHOP

  • siti koriah universitas balikpapan
Keywords: Enterpreneurship, Online Shop, SMK Negeri 2 Balikpapan

Abstract

Fokus masalah mengenai entrepreneurship siswi sekolah menengah kejuruan negeri 2 Balikpapan pada bisnis online shop perlu adanya dukungan berupa motivasi dari orang tua, keluarga dan guru untuk menjadi entrepreneur, tidak semua orang tua mau memotivasi dan mengizinkan anaknya untuk menjadi entrepreneur. Tidak semua anak dan orang tua mau jika anaknya menjadi entrepreneur, mereka lebih menyukai bekerja di perusahaan. Peran orang tua dan guru sangat diperlukan untuk memotivasi siswi agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui motivasi yang diberikan untuk entrepreneurship, tingkat keberhasilan yang dicapai dalam memanfaatkan teknologi serta kendala yang dihadapi siswi pada bisnis online shop. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswi dan guru kewirausahaan SMK Negeri 2 Balikpapan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Motivasi siswi untuk menjadi entrepreneur untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan mendapatkan penghasilan tambahan, (2) Tingkat keberhasilan siswi dalam entrepreneurship tergantung pada cara yang digunakan untuk menarik perhatian dengan memberikan inovasi pada produk, (3) Cara yang digunakan untuk memanfaatkan teknologi menggunakan e-commerce dengan mengetahui cara penggunaannya untuk menarik perhatian konsumen, (4) Kendala yang dihadapi dalam berwirausaha perlu adanya manajemen waktu dan manajemen keuangan yang baik untuk meminimalisir terjadinya kendala.

References

Antow, A. (2016). Pengaruh layanan online shop (belanja online) terhadap konsumerisme siswa SMA Negeri 9 Manado. e-journal "Acta Diurna" Volume V No. 3.
Dewi, S. S. (2017). Konsep Dan Pengembangan Kewirausahaan Di Indonesia. Yogjakarta: CV Budi Utama.
Effendi, H. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Pemasaran Online Dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Kinerja Penjualan Online Peserta Didik SMK Negeri Surabaya. 167.
Hendraningrat, D. K., & Setiawan, D. (2017). Roodmap Broadband Indonesia Menuju Era Teknologi 5G. Jakarta: PT. Gramedia.
Kasali Rhenald, P. (2011). Wirausaha Muda Mandiri. Jakarta: PT. Gramedia.
Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindp Persada.
Kusmulyono, M. S. (2017). Peran Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Orangtua Pada Siswa SMA. AJEFB - Asian Journal Of Entrepreneurship And Family Business, 26.
Lestari Budi Retno, d. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 2.
Lieli Suharti, d. (2011). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) . Jurnal manajemen dan kewirausahaan Vol. 13, No. 2 , 124.
Miranda, S. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 3.
Moleong. (2010). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rosda.
Oswari, T. (2005). Membangun jiwa kewirausahaan (Entrepreneurship) menjadi mahasiswa pengusaha (Entrepreneur student) sebagai modal untuk menjadi pelaku usaha baru.
Sari Puspita Reza, d. (2014). The Development Material Of Interest In Entrepreneurship For Student Of Class X SMA. 2,3,11.
Seprina, I., & dkk. (2017). Motivasi penggunaan e-commerce dalam berwirausaha pada siswa SMK Bina Jaya. 35.
Setiawan. (2017). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Dukungan Orangtua Pada Siswa SMA. AJEFB - Asian Journal Of Entrepreneurship and Family Business Vol. 1 No. 1, 25.
Slamet Franky, d. (2014). Dasar- dasar Kewirasahaan. Jakarta: PT. Indeks.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suiryuk. (2014). E-Commerce dan teknologi informasi.
Sulistyowati Eko Eny, d. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan di lingkungan keluarga,pembelajaran kewirausahaan disekolah, serta Achievement Motive terhadap minat kewirausahaan siswa SMA . 2226.
Suryana. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Selemba Empat.
Ulfatin, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan : Teori DanAplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.
Wahyuningsih, T. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMKN Pontianak. 4.
Yustisia, C. (2013). Bisnis Online Dan Tranaksi Online Dan Transaksi Elektronik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-06-30
Section
Articles