PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON EQUITY (ROE), KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2016

  • Eni Riyawati universitas balikpapan
Keywords: Ukuran Perusahaan, Return on Equity (ROE), Kebijakan deviden dan Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Return on Equity (ROE), Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan Sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2016. Metode pengambilan data yang digunakan adalah purpose sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan signifikan alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan Ukuran Perusahaan dan Kebijakan deviden tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan sedangkan Return on Equity (ROE) berpengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaaan dan Secara bersama-sama Ukuran Perusahaan, Return on Equity (ROE) dan Kebijakan Deviden berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

References

Analisa, Yangs. 2011. “ Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2009) ” . Universitas Diponogoro, Semarang.
Bambang Riyanto (2011:98) dasar-dasar pembelanjaan perusahaan edisi keempat penerbit BPFE Yogyakarta
Brigham Eugene F & Joe F.Houston. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.
Alih bahasa Ali Akbar Yulianto. Buku satu. Edisi sepuluh. Jakarta: Selemba Empat.
Bringham E.F. & Houston J.F. 2011. Essentials of Financial Management: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Penerjemah Ali Akbar Yulianto. Edisi Kesebelas. Edisi Indonesia. Buku I. Jakarta: Salemba Empat.
Damodaran, Aswath, “ Investment Valuation: Tools and Techniques for Determining the Value of Any Asset”, John Wiley & Sons, Inc., New York, 2002.
Dani Sugiarti (2015). Analisis Pengaruh Profitabiitas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan deviden dan Keputusan investasi terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014.
Eno Fuji Astriani 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2011
Ghozali, Ahmad (2011). Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar. (2006) Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Erlangga.
Husnan, Suad & Enny Pudjiastuti. 2003. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.Edisi Kelima. UPP STIM YKPN : Yogyakarta.
Juliansyah. Noor.(2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi Karya Ilmiah. Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Jusriani, Ika Fanindya & Shiddiq Nur Rahardjo. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Kebijakan Utang, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 – 2011). Diponegoro Journal of Accounting. Volume 2, Nomor 2, Halaman 1 – 10.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali pers.
Sawir. 2003. “Analisis kinerja keuangan dan perencanaan keuangan perusahaan”. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.
Setiawati, 2012, Pengaruh Struktur Aktiva, Tingkat Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia.
Soliha dan Taswan (2002). Pengaruh Kebijakan deviden terhadap Nilai Perusahaan. “ Jurnal Bisnis dan Ekonomi, STIE STIKUBANK, Semarang.
Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Suharli, Micheal ( 2006). Studi Empiris pada Faktor-faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Go Public di Indonesia. “ Jurnal Maksi Volume 6 No 1. Universitas Kristen Indonesia Katolik Atmajaya.
Supomo, bambang &Indriantoro, nurdan (1999).Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta : Penerbit BPFE.
Sutrisno. (2009), Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.
Syamsuddin. Lukman (2004) Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Van Horne, James C. dan John M. Wachowicz, Jr., 1998, Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Alih Bahasa : Heru Sutojo, Buku Dua, Edisi Kesembilan, Salemba Empat, Jakarta.
Peraturan Perundang-undangan
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
Published
2019-06-30
Section
Articles