INTEGRASI PENDIDIKAN BERBASIS ADIWIYATA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP PATRA DHARMA 2 BALIKPAPAN UNIVERSITAS BALIKPAPAN

  • henny uswatun Hasanah universitas Balikpapan
  • Tri Astuti Nur'aini
  • Prita Indriawati
Keywords: Integrasi, Adiwiyata, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan berbasis adiwiyata dalam pembelajaran IPS di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan tahun ajaran 2018/2019 beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang memposisikan peneliti sebagai instrumen kunci (key instrument). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pembelajaran, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, member check, dan audit trail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru telah memahami perencanaan pembelajaran yang diintegrasikan dengan pendidikan berbasis adiwiyata sesuai dengan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah serta implementasi UU nomor 32 tahun 2009 tentang Pelindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Kegiatan pembelajaran telah dilaksanakan seluruh rangkaiannya oleh guru sesuai dengan standar proses pendidikan meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan penutup sudah baik, karena guru memberikan tindak lanjut dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. (2) Adapun faktor pendukung dalam integrasi pendidikan berbasis adiwiyata yaitu pemahaman, kemampuan, dan kreativitas guru dalam mengembangkan indikator pembelajaran serta sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan yang sudah baik. (3) Faktor penghambat di antaranya kesulitan guru dalam mengembangkan indikator pembelajaran terintegrasi lingkungan pada materi yang sifatnya umum. Upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi kendala tersebut dengan pembinaan dan pelatihan oleh narasumber dari Disdikbud, Dinas Lingkungan Hidup, serta Forum Adiwiyata Mandiri.

 

References

Afandi, Rifki. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Jurnal Pedagogia. vol 2 no 1 hal 98-108.
Anni, Catharina Tri dan Rifa’i. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Arifin, Zaenal.(2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Barlia, Lily. (2008). Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Fridantara, Angga Swasdhita. (2015). Implementasi Program Aiwiyata di SMAN 2 Klaten. Tersedia :http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/ article/viewFile/94/89
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Haris, dkk. (2018). Panduan Implementasi Adiwiyata Mandiri di Sekolah. Jakarta: Erlangga.
Ismawati, Esti.( 2012). Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Rotari, Septi dan Kokom Komalasari. (2017). Peran Program Adiwiyata Mandiri Dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Peserta Didik. Jurnal UNIPMA. Vol. 5 no.1 hal 42-54.
Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pres.
Moleong, Lexy.J.(2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Nurhayati, Ela. (2016). Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus Di Smp Negeri 16 Surabaya). E-Jurnal Mahasiswa UNESA.Tersedia:https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasimanajemen./article/14631Malang, ISBN: 978-602-17225-5-8, hal. 1494-1507.
Pratiwi, NW. (2016). Perbedaan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Tersedia : http://respository.unpas.ac.id/12667/4/BAB1.pdf
Purnomo, dkk. (2016). Pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata. Proceedings National Conference On Economic Education Universitas Negeri Malang, ISBN: 978-602-17225-5-8, hal. 1494-1507.
Robiansyah, Firman. (2010). Integrasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak Siswa Studi Kasus di SD Peradaban Serang. Jurnal Pendidikan Dasar Nomor 14 hal.4.
Salinan Permendik119bud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Salinan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Salinan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
Salinan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Simarmata, dkk. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan. vol.6 no.4 hal 204-210. Eissn : 2502-3217.
Siska, Yulia. (2016). Konsep Dasar IPS. Yigyakarta: Garudhawaca.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Published
2020-01-20
Section
Articles