PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA BALIKPAPAN TIMUR TAHUN 2019

  • Kristina Saida Universitas Balikpapan
  • Tutik Yuliani
  • deden deden
Keywords: kepuasan wajib pajak, bukti langsung, daya tanggap, keandalan, jaminan, empati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara kualitas pelayanan pajak terhadap kepuasan wajib pajak di KPP Pratama Balikpapan Timur. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 52 wajib pajak sebagai responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan Sampling Insidental. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni angket atau kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dengan teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis, serta menganalisis data dengan uji regresi linier berganda dengan berbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini diketahui bahwa Y = -148.626 + 0.407X1 + 0.181X2 + 0.255X3 + 0.311X4 + 0.282X5. Bukti langsung (X1), Daya tanggap (X2), Keandalan (X3), Jaminan (X4), Empati (X5) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan wajib pajak (Y). Dan variabel bukti langsung (X1), daya tanggap (X2), keandalan (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan wajib pajak (Y) di KPP Pratama Balikpapan Timur

References

Darmawanto, A. T. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Badan Di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Vol. 15, No 1.
Hanifah, D. N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepuasan Wajib Pajak.
Harianto, R. P. (2017). Panduan Praktis SPSS Untuk Penelitian . Balikpapan : Heart & Soul Media Pustaka .
Sinambela, L. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif; Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta : GRAHA ILMU.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Tjiptono, F. (2017). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: ANDI.
Wibowo, N. A. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Citra Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta . Vol. 1, No 1.
Published
2020-01-20
Section
Articles