ANALISIS KELAYAKAN DAN EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BUKU AJAR MATAKULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
  • Riyo Riyadi Universitas Mulawarman
  • Keirimai Ratrieka Fiberantika Universitas Mulawarman
  • Waljihan Nur Fitriani Universitas Mulawarman

Keywords:

Belajar dan pembelajaran, Pemanfaatan buku ajar, Analisis kelayakan buk

Abstract

Salah satu buku ajar yang telah dikembangkan adalah buku ajar pada matakuliah Belajar dan Pembelajaran yang digunakan pada mahasiswa semester 2, buku tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk membaca. Penelitian ini disusun berdasarkan pada pengalaman mengajar peneliti, bahwa tingkat heterogenitas mahasiswa sangat tinggi dan memungkinkan untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran, sehingga bahan ajar yang digunakan saat pembelajaran harus memenuhi standart kelayakan yang baik agar hasil belajar mahasiswa lebih maksimal. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Content Analysis dengan pendekatan kualitatif. Analisis kelayakan dilakukan dilakukan pada aspek isi atau materi yang terdiri dari tiga komponen yaitu: 1) Kesesuaian uraian materi; 2) Keakuratan materi; dan 3) Materi pendukung pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi-FKIP Universitas Mulawarman, pada mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah belajar dan pembelajaran sebanyak 60 orang mahasiswa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa buku ajar Belajar dan Pembelajaran telah memenuhi aspek kelayakan isi dengan persentase sebesar 73,3%. Sedangkan aktivitas belajar mahasiswa mencapai skor 87,88% yang artinya aktivitas belajar mahasiswa tergolong aktif saat penggunaan buku.

References

Ahmad, K., & Lestari, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia SD Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 183-193.

Anisah, A., & Azizah, E. N. (2017). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 1-18.

Apriliana, Y. (2017). Analisis Kelayakan Isi Dan Bahasa Buku 101 Teks Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/Mts Terbitan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI Revisi Tahun 2017. 704-713

Basuki, W. N., Rakhmawati, A., & Hastuti, S. (2015). Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Untuk Smp/Mts Kelas VIII. BASASTRA, 3(2).

Bellens, K., Van Den Noortgate, W., & Van Damme, J. (2020). The Informed Choice: Mathematics Textbook Assessment In Light Of Educational Freedom, Effectiveness, And Improvement In Primary Education. School Effectiveness And School Improvement, 31(2), 192–211.

Benson, P. 2011. Teaching and researching autonomy in language learning. Harlow: Pearson Education.

Boulmaiz, D. (2017). The Place Of The Multiple Intelligences Theory In The Algerian EFL Textbook :, An Evaluation Of 1st Year Secondary School Textbook “At The Crossroads.” Revue Des Sciences Humaines, 1(18), 18–29.

Broemmel, A. D., Rearden, K. T., & Buckner, C. (2021). Teachers’ Choices: Are They The Right Books For Science Instruction? Reading Teacher, 75(1), 7–16.

Clinton, V., & Khan, S. (2019). Efficacy Of Open Textbook Adoption On Learning Performance And Course Withdrawal Rates: A Meta-Analysis. AERA Open, 5(3),

Kristia Fatmasari, R. I. A. (2018, November). Plagiasi Jurnal Ilmiah Efektivitas Buku Ajar Keterampilan Membaca. In Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosio Edu Sains 2018. Stkip Pgri Bangkalan.

Fauziyah, D. N. (2021). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas Iv Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Edisi Revisi 2016 Dan 2017 (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Glasnovic Gracin, D. (2018). Requirements In Mathematics Textbooks: A Five-Dimensional Analysis Of Textbook Exercises And Examples. International Journal Of Mathematical Education In Science And Technology, 49(7), 1003–1024.

Hartley, J. R. (1985). Some Psychological Aspects Of Computer‐Assisted Learning And Teaching. PLET: Programmed Learning & Educational Technology, 22(2), 140-149.

Hintz, K. (2014). A Better Vision Of What Social Studies Can Be": How Elementary Teachers Philosophies Influence Their Use Of The History Alive! Textbook. Theory And Research In Social Education, 42(1), 96–126. Https://Doi.Org/10.1080/00933104.2013.876697

Irmawati, F., Oktaviana, I. and Rahayu, L. (2016) ‘Pengembangan Bahan Ajar Pengetahuan Lingkungan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang’, Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(1), p. 12.

Jin, J. C., & Choi, E. K. (2014). Citations Of Most Often Cited Economists: Do Scholarly Books Matter More Than Quality Journals? Pacific Economic Review, 19(1), 8–24.

Juwita, T., Ilmiyati, N., & Maladona, A. 2017. Analisis Kelayakan Buku Teks Siswa IPA Kurikulum 2013 Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII Untuk Digunakan Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Relevansi Isi, Ketepatan Dan Kompleksitas. Jurnal Bio Education. 2(1): 63-70

Kahveci, A. (2014). Quantitative Analysis Of Science And Chemistry Textbooks For Indicators Of Reform: A Complementary Perspective. International Journal Of Science Education, 32(11), 1495–1519

Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345.

Kortz, K. M., Grenga, A. M., & Smay, J. J. (2017). Establishing And Applying Literature-Based Criteria For Effective Communication Of Science To Novices Via Introductory Geology Textbooks. Journal Of Geoscience Education, 65(1), 48–59.

Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 14-21.

Lufthansa, L. (2020) ‘Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Psikologi Olahraga Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa’, Seminar Nasional Keindonesiaan …, pp. 6–17.

Maula, I. I. (2020). Strategi Pembelajaran Mandiri Pada Madrasah Ibtidaiyah. El-SANTRY: Jurnal Mahasiswa Pendidikan, Syariah Dan Ushuludin, 1(2), 72-84.

Mang, C., Brown, N., & Piper, L. (2017). “Old School” Meets “New School”: Using Books And Tablets To Improve Information Literacy And Promote Integrative Learning Among Business Students. International Journal Of Management Education, 15(3), 449–455.

Nazilah, S. A., Sriyono, S., & Nurhidayati, N. (2014). Persepsi Guru Terhadap Kualitas Buku Ajar Cetak Fisika Kelas XI SMA Negeri Sekabupaten Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1), 20-23.

Nurdiyanti, O., Budyartati, S., & Tryanasari, D. (2020). Analisis Buku Siswa Pada Tematik Integratif Ditinjau Dari Aspek Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 111-116.

Piper, B., Simmons Zuilkowski, S., Dubeck, M., Jepkemei, E., & King, S. J. (2018). Identifying The Essential Ingredients To Literacy And Numeracy Improvement: Teacher Professional Development And Coaching, Student Textbooks, And Structured Teachers’ Guides. World Development, 106, 324–336.

Polikoff, M. S., Campbell, S. E., Rabovsky, S., Koedel, C., Le, Q. T., Hardaway, T., & Gasparian, H. (2020). The Formalized Processes Districts Use To Evaluate Mathematics Textbooks. Journal Of Curriculum Studies, 52(4), 451–477.

Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Rowland, L., & Barrs, K. (2013). Working With Textbooks: Reconceptualising Student And Teacher Roles In The Classroom. Innovation In Language Learning And Teaching, 7(1), 57–71.

Rumata, V. M. (2017). Analisis Isi Kualitatif. Jurnal Pikom (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 18(1).

Sari, I., Nikmah, F., Rahayu, T. I., & Utami, S. P. T. (2018). Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau Dari Implikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Revisi. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1).

Sudarman, Ellyawati, N. Riyadi, R., and Astuti, R.F. ‘Profile of Student Self-Regulation Learning in Applying Teaching Skills in Online Learning.’, International Journal of Social Science, 1.5 (2022), 687–92

Sudarman, Riyadi, R. and Astuti, R.F. (2020) ‘Development of Interactive Learning Multimedia to Increase Understanding of Basic Skills Teaching Procedures’, 432(Esic 2019), pp. 132–136.

Taufik, T., Imansyah, M.N. and Yulianti, E. (2021) ‘Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Sastra Lisan Suku Mbojo Berorientasi pada Model CIRC untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), pp. 478–

Ulinuha, K., & Widodo, J. (2016). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Mata Pelajaran Ekonomi SMA Kelas X Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satauan Pendidikan (KTSP) Di Kabupaten Semarang. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

van Lier, L. 2008. Agency in the classroom. In Sociocultural theory and the teaching of second languages, ed. J.P. Lantolf and M.E. Poehner, 163 86. London: Equinox

Downloads

Published

2022-06-21

Issue

Section

Articles