ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN RETURN ON INVESTENT (ROI) PADA PDAM KABUPATEN GOWA

Authors

  • arifani stiki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Makassar
  • Muhammad Akbardin STIE Indonesia Makassar
  • Agus Umar Gazali STIE Indonesia Makassar

Keywords:

biaya produksi, ROI

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan adalah pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gowa. Sebagai BUMD, dalam menjalankan tugas ganda yaitu social oriented dan profit oriented. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perhitungan biaya produksi air dan untuk mengetahui tingkat Return On Investent (ROI) PDAM Kabupaten Gowa. Prosedur penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perhitungan biaya Produksi belum sesuai teori. Pengklasifikasi biayanya masih digabungkan semua komponen biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik pada perhitungan biaya sumber air, biaya pengolahan air dan biaya transmisi/distribusi. Dan ada biaya non produksi bagian biaya umum dan administrasi di dalam perhitungannya yaitu tunjangan transport dan Biaya Listrik yang naik setiap tahun sehingga jumlah biaya produksi meningkat setiap tahunnya. Dari proses produksi air faktor yang menyebabkan biaya produksi mengalami peningkatan yaitu biaya sumber air, biaya pengolahan air serta biaya transmisi/distribusi, ketiga biaya tersebut selalu mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis rasio profitabilitas selama tahun 2017-2019, secara keseluruhan persentase rasio profitabilitas tiap periode mengalami perubahan (berfluktuasi) karena tingginya biaya yang harus dikeluarkan perusahaan yang terdiri atas harga pokok penjualan dan biaya operasi (beban usaha) meskipun penjualan tiap tahunnya mengalami peningkatan.Ini juga terlihat pada Return On Asset yang berfluktuasi tiap tahunnya.

References

Agnes, 2015. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Fahmi, Irham. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fitriani, A. 2009. Analisis Kinerja Privatisasi pada PD PAM Jaya. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor : Bogor

Glen A. Welsch, Ronald W. Hilton dan Paul N. Gordon, Anggaran: Planning and Profit Control, 1996 Edisi Bahasa Indonesia Purwatiningsih, Maudy Warouw, Anggaran: Perancanaan dan Pengendalian Laba, Edisi Kelima , Penerbit Salemba Empat-Prentice Hall, Diterbitkan untuk PT. Bhuana Ilmu popular, Edisi Indonesia, 1998.

Hansen dan Mowen, 2018. Manajemen Biaya, Akuntansi dan Pengendalian. Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Hasbir (2019), Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan, Paradox Jurnal Ilmu Ekonomi, Volume 2 Nomor 2 (2019) April.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2015. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 7. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Lukman, Syamsuddin, 2016, Manajemen Keuangan Perusahaan ; Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan, Cetakan Keempat, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kholmi, Masiyah, Yuningsih, 2016. Akuntansi Biaya. Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Kusuma. 2006, N. E. 2006. Analisis Ekonomi Pengelolaan Sumberdaya Air dan Kebijakan Tarif Air PDAM Kota Madiun. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Martono., dan Agus Harjito. 2015. Manajemen Keuangan, Cetakan Kelima. Penerbit EKONISIA Kampus Fakultas Ekonomi UII, Sleman, Yogyakarta.

Muhadi dan, Siswanto, Joko 2017. Akuntansi Biaya I. Cetakan Pertama, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Mulyadi (2012), “Akuntansi Biaya”, Edisi 5, Cetakan 11 Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Munawir. 2016. Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Penerbit, Liberty, Yogyakarta.

Riyanto, Bambang, 2016. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Ketiga, Cetakan kesebelas. Yayasan Badan Penerbit Gadjah Mada Yogyakarta.

Sartono, Agus, 2016, Manajemen Keuangan ; Toeri dan Aplikasi, Edisi Keempat, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Sumayang, Lalu, 2016. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Supriyono, 2018, R, A, Akuntansi Biaya, Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok, Buku Satu, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta.

Sutrisno. 2015. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Edisi 8. Ekonisia. Yogyakarta.

Weston, J. Fred dan Brigham, E Coopeland, Thomas, 2015, Manajemen Keuangan, alih bahasa Wacana, Joko dan Kirbandoko, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Williyam K. Carter, 2009, Cost Accounting, Edisi Bahasa Indonesia, Penerjemah Krista, Edisi 14, Jakarta : Salemba Empat

Yamit, Zulian, 2017. Manajemen Kualitas : Produk dan Jasa. Edisi Pertama, Cetakan Kedua, penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles