PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Toko Retail (DH Mart) Pondok Modern Darul Hikmah Putri Tawangsari Tulungagung)

Authors

  • Adib Minanur Rokhim Universitas Bhinneka PGRI
  • Imam Sukwatus Suja'i Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v5i2.127

Keywords:

harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Abstract

Kegiatan dunia usaha seperti bisnis retail sudah menjadi suatu perhatian yang menarik dalam kehidupan masyarakat. Model usaha tersebut dapat dilihat dari banyaknya jenis usaha retail. Salah satu toko retail tumbuh dan berkembang di Tulungagung adalah toko retail DH Mart. Agar mampu bertahan di tengah persaingan DH Mart menerapkan strategi manajemen untuk menarik konsumen dan memenuhi kepuasan konsumen, salah satunya tuntutan konsumen terhadap harga, produk dan layanan yang berkualitas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan konsumen di DH Mart yang merupakan Toko Retail Pondok Moderen Darul Hikmah Putri Tawangsari Tulungagung. Sampel yang digunakan sebanyak 136 responden. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menujukkan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen Toko Retail (DH Mart), selanjutnya kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen Toko Retail (DH Mart), dan secara bersama-sama harga dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan konsumen Toko Retail (DH Mart). Untuk penelian selanjutnya dapat menggunakan variabel yang berbeda seperti kualitas produk, display toko, atmosfir toko, dan lokasi toko.

References

Andriani, S. (2019). Minat Investasi Saham pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1).

Barata, 2003. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima - Atep Adya Barata. In (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2004).

Cresswell, J. W., Plano-Clark, V. L., Gutmann, M. L., & Hanson, W. E. (2003). Advanced mixed methods research designs. Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research.

Daryanto, S. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Kota Padang. Matua Jurnal.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan PT.TOI. Journal of Economics and Business UBS, 8(1), 1–17.

Nata, A. (2020). Peran Pemuda Dalam Sektor Pendidikan. Uinjkt.Ac.Id.

Salihin, A. (2019). Analisis Harga Dalam Perspektif Ibn Khaldun. Ekonomika Syariah : Journal of Economic Studies, 3(2).

Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2).

Suratriadi, P., Suparman, & Martiwi, R. (2018). Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Toyota Auto 2000 Kalimalang Jakarta Timur. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 61–70.

Susanti, D. K., Mahrus, M., Pratiwi, A., & Yanti, D. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Ojek Online Muslimah di Kota Samarinda. Borneo Islamic Finance and Economics Journal, 1(1), 21–31.

Syamsiah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Transmart Carefour di Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassae.

Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. In Yogyakarta Yogyakarta: Andi.

Z, M. S., & Rahmat, M. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Cahaya Kabupaten Majene. Management Development and Applied Research Journal, 2(2), 53–62.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles