PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) PAHAT BATU MEDAN MAIMUN

Authors

  • Lia Aprilia Tanjung Universitas Muslim Nusantara
  • Wan Dian Safina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.129

Keywords:

product quality, word of mouth, minat beli

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitia ini adalah apakah product quality dan word of mouth berpengaruh terhadap Minat Beli pada Usaha Kecil Menengah (UKM) pahat batu Medan Maimun?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen pahat batu Medan Maimun konsumen dari bulan Desember sampai dengan Maret dengan sampel sebanyak 50 orang. Teknik yang penelitian gunakan dalam penelitian ini melalui observasi dan angket. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis asusmsi klasik, analisis regresi lineir berganda, uji Statistik t  dan koefisien determinasi.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  variabel product quality (X1) diperoleh nilai t hitung > ttabel (7,672 > 2,012) dengan signifikan 0,000 < 0,05 berarti H1 diterima. Artinya product quality berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Usaha Kecil Menengah (UKM) pahat batu Medan Maimun. Variabel word of mouth (X2) diperoleh nilai t hitung > ttabel (3.643 > 2,012)  dengan signifikan 0,001 < 0,05 maka H2  di diterima. Artinya word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Usaha Kecil Menengah (UKM) pahat batu Medan Maimun. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (67,174 > 3,20) dengan tingkat sig 0,000 > 0,05 maka H3   diterima.  Artinya product quality dan word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Usaha Kecil Menengah (UKM) pahat batu Medan Maimun. Berdasarkan nilai R Square diperoleh = 0,741 artinya product quality dan word of mouth mampu menjelaskan variabel dependen atau minat beli sebesar 74,1% sedangkan 25,9% persen   dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Abdillah yusri, et.al. 2016. Pengaruh kualitas produk dan kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan Food and Bevarage 8 02 coffe studio malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 35. No 2.

Augustin, CI (2018). The Influence of Product Quality, Service Quality, and Brand Image on Customer Loyalty of jawa pos radar Kediri Newspaper. Simki- Economic,02 (03).

Dina Febiana, Srikandi Kumadji, Sunarti, “ pengaruh word of mouth Terhadap Minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei Pada Pengunjung Yang Melakukan Pembelian Pada Biker’s Dan Cafe Di Kota Malang)…,” h.5.

Firmansyah, M.A. (2019). Pemasaran : Dasar Dan Konsep. Pasuruan : Qiara Media.

Fitria, Hadiyati dan Ending Ahmad Yani.2014. faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswi memilih Perguruan Tinggi Ekonomi Islam (studi kasus : STEI SEBI). Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam.

Ghozali, Imam,. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 22 Update PLS Regresi”. Badan Penerbit UniversitasDiponegoro. Semarang. 2016.

Hermanto, & Saputra, R. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Xiaomi (studi kasus Di Jakarta Barat ). Manajemen Bisnis, 15 (1), 1-11.

Husfah, F.M.,& Hadi, M. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Dea Cake And Bakery Kepanjen Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 550-555.

Jahja, Y. (2014). Psikologi perkembangan Jakarta : kencana prenada media group.

Joesyiana, K : (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shopee di pekan baru. Jurnal Valuta, 4 (1), 71-85.

Lu, C.Y., Suhartanto, D., Gunawan, A. I., & Chen, T. (2020). Customer Satisfaction Toward Online Purchasing Services: Evidence From Small And Medium Restaurants. International Journal Of Applied Business Research. Vol. 2, No. 1, Pp. 1-14.

Monica, E. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso. Social Science And Business, 2 (3), 141-149.

Nugraha, F.A.A., Suharyono, S., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen studi pada konsumen kober mie setan jalan simoang Soekarno-Hatta Nomor 1-2 malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 22 (1), 1-7.

Nulufi, K.,& Murwartiningsih. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Manajement Analysis Journal, 4 (2).

Nurhayati Husain, Deby Rita Karundeng, Moh. Afan Suryanto. (2022). Analisis Lokasi, Potongan Harga, Display Produk dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada Alfamart Kayubulan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol 10 Hal 63-85.

Panjaitan, Aris. (2020). Pengaruh persepsi kualitas produk, lokasi dan word of mouth terhadap minat beli konsumen (studi kasus pada Awan Pancake Strawberry Kec. Brastagi, KAB. Deli Serdang), Medan.

Purwanto, H. (2017). Pengaruh itensi berwirausaha dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha (studi kasus di sentra UMKM pengrajin teralis di desa jlamprang kecamatan wonosobo)” jurnal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UNSIQ, 4 (1), pp. 90-104.

Rachman, BR, Totok, D.,& Abadi, W. (2016). Word Of Mouth Communication.

Rahma Nurvidiana, Kadarisman Hidayat, Yusri Abdillah, “ pengaruh word of mouth terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian survei pada konsumen Republica Cafe Malang Jalan Mt. Haryono Gg. Xi Malang),,,” h.3.

Saleem, A. (2017). Influence Of Electronic Word Of Mouth On Purchase Intention Of Fashion Products On Social Networking Websites. Pakistan Journal Of Commerce And Social Sciences, 11 (2), 597-622.

Saputra Hendra Dan Utami Putri Ruri. 2017. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan. Jurnal Niagawan. Vol 6 No.2.

Sri Hardianti (2019), Pengaruh iklan dan word of mouth terhadap minat berbelanja online melalui Aplikasi Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Medan.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta:Bandung.

Yasin ali ahmad &achmad gustinoorlitaria. (2021). Influence of word of mouth and

product quality on purchase decisions and repurchasing interest. International journal of economics, business and accounting research(IJEBAR). Vol-5, Issue 3, hlm. 410. E-ISSN :2614-1280 P-ISSN 2622-4771.

Downloads

Published

2023-07-01

Issue

Section

Articles