PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2019-2021)

Authors

  • Endah Fitri Ani Rahayu Fitri Ani Universitas Islam Batik Surakarta
  • Bambang Universitas Islam Batik Nusantara
  • Ratna Universitas Islam Batik Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.142

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Nilai perusahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan dibidang food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2019-2021. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Sampel ini diambil dengan teknik purposive sampling dengan memilih sampel didasarkan dengan kriteria yang telah ditentukan, maka diperoleh sampel sebanyak 18 perusahaan. Metode dalam penelitian meliputi analisis regresi berganda uji asumsi klasik, uji kelayakan model, uji hipotesis dan uji determinasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan meggunakan data sekunder yang didapatkan dari laporan keuangan perusahaan. Hasil pada penelitian ini menerangkan bahwa ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan pada likuiditas tidak mempunyai pengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Banani, A., Dewi, R., & Sulistyandari. (2021). The Effect of Leverage, Liquidity, Profitability, Firm’s Growth, Firm’s Size, and Dividend Policy toward Firm Value ( Study at Manufacture Companies Listed on Indonesia Stock Exchange Period 2014-2017). Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi, Vol 23(No2),8–19. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jame

Barnades, A. N., & Suprihhadi, H. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverages di BEI Periode (2014-2018). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 9(Nomor 6).

Detama, G. R., & Laily, N. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di BEI). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, volume 10(No 1).

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Serta Pada Perusahaan Food And Beverages di BEI. Jurnal Prospek, Vol 1(No 2), 74–83.

Eugene F Brigham, & Houston. (2019). Essentials of Financial Management. Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers.

Khasana, F. A., & Triyonowati. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property And Real Estate di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 8(Nomor 1).

Mauludi, M. Y., & Budiarti, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan(Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di BEI). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 8(Nomor 10).

Oktaviarni, F., Murni, Y., & Suprayitno, B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, dan Ukuran terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Real Estate, Properti, dan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Akuntansi, Vol. 9(No. 1), 1–16

Palestina, H. S. M., & Djawoto. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages di BEI Hamas Sekar Mega Palestina. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 9(3).

Sofiatin, D. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuditas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur subsektor Industri dan Kimia yang terdaftar di BEI periode 2014-2018). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), Vol 1(No 2), 125–132.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles