KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CELEBRITY ENDORSER,DESAIN DAN KUALITAS PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK LE MINERALE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta)

Authors

  • Devi Alfina Rahmawati Universitas Islam Batik Surakarta
  • Eny Kustiyah Universitas Islam Batik Surakarta
  • Fithri Setya Marwati Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.145

Keywords:

Celebrity Endorser, Desain Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek bantuan variabel celebrity endorser, desain dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum dalam kemasan Merek Le Minerale pada mahasiswa aktif prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta. Purposive sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian untuk penelitian deskriptif kuantitatif ini sebanyak 102 responden dengan populasi 340 mahasiswa. Beberapa uji seperti Regresi linier berganda digunakan dalam analisis ini sebagai metodologi penelitiannya dengan menggunakan metodologi pengujian berdasarkan data normalitas, uji validitas, dan uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis, uji F, uji t dan uji determinasi. Dengan alat analisis SPSS versi 25. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser, desain produk dan kualitas produk secara simultan dan signifikan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian air minum merek Le Minerale pada mahasiswa aktif manajemen Universitas Islam Batik Surakarta. Pengaruh celebrity endorser bersifat negatif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Desain produk berdampak positif dan signifikan kemungkinan konsumen melakukan pembelian. Kualitas produk memainkan peran utama dalam pilihan akhir konsumen untuk membeli. Menghitung koefisien determinasi (R2), celebrity endorser, desain dan kualitas produk memiliki nilai sebesar 71,9%, sedangkan sisanya 28,1% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.

References

Amilia, S., & Nasution, M. O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Keuangan, 660-669.

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 953-958.

Anggoro, Y. Y., & Waluyo, H. D. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Larissa Gallery & Workshop Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 90-99.

Chusnah, & Zaenuri, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Imange Terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie. KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 77-92.

Deatami, N. M., & Khasanah, I. (2019). Analisis Pengaruh Iklan Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 141-151.

Handayani, J., Derriawan, & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan konsumen Shopping Goods. Journal of Business and Banking, 91-103.

Handayani, L. D., & Kosasih. (2020). Pengaruh Celebrity Endorserdan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pixy di Karawang. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 407-417.

Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada PT Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 49-64.

Oktavenia, A. R., & Ardani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 1374 - 1400.

Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2020). Pengaruh Sotre Atmosfere, Desain Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 143-152.

Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), 2776-1177.

Resky, D. (2021). Pengaruh Cita Rasa, Desain dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Gelas Ale-Ale. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains.Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 381-393.

Santoso, N. O., & Yuniati, T. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Desain Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-20.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitas, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Widodo, A. S., Yughi, S. A., & Arsid. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waroeng Steak Ciputat. Jurnal Semarak, 93-114.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles