PENGARUH HARGA DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA LAYANAN GRABFOOD PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Semester VII Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI)

Authors

  • Nia Mayasari Universitas Bhinneka PGRI
  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.147

Keywords:

Harga, Nilai Pelanggan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini memiliki maksud untuk mengetahui pengaruh harga dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian jasa layanan GrabFood pada mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI yang pernah memakai jasa layanan GrabFood. Teknik sampling yang digunakan yakni purposive sampling. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien deterinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, secara parsial nilai pelanggan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan secara simultan harga dan nilai pelanggan berpengaru terhadap keputuan pembelian jasa layanan GrabFood pada mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI.

References

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Darda, A., & Rojikun, A. (2022). Pengaruh Produk dan Nilai Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Galon Merek Aqua, 4(2).

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2016). Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Elvina, C., & Lestari, R. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Ichiban Sushi Di Palembang Trade Center. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(2), 128–141. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i2.2315

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit.

Khaerudin, Suryoko, S., & Prabawani, B. (2014). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian MObil All New Honda Jazz di Pekalongan. Journal of Social and Political Science, 1–7.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Krisnanto, A., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Gojek di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 74–80.

Lelyana, L., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Diskon dan Penilaian Produk Mie Gacoan Malang Terhadap Keputusan Pembelian Online di Gofood. Distribusi - Journal of Management and Business, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.217

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). In Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia (Vol. 1, hal. 83–88). https://doi.org/10.36596/ekobis.v8i1.262

Nurvitasari, E., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Grab ( Studi pada Pengguna Aplikasi Grab Fitur GrabFood ). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1472–1481. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41637

Rafi Hidayat. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Perilaku Keinginan Untuk Menggunakan, dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Layanan Go-Mart. Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles