Pengaruh Copywriting Promotion, Online Customer Review, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Keranjang Kuning Pada Aplikasi Tiktok
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.152Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh copywriting promotion, online customer review, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian melalui keranjang kuning pada aplikasi Tiktok serta untuk mengetahui pengaruh copywriting promotion, online customer review, dan gaya hidup secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian melalui keranjang kuning pada aplikasi Tiktok. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data uji instrument data, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS. Penulis menggunakan non-probability sampling untuk pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Didapatkan sampel sebanyak 166 responden yang pernah belanja melalui keranjang kuning pada aplikasi Tiktok di Solo Raya. Hasil dari penelitian ini adalah variabel copywriting promotion, online customer review, dan gaya hidup berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian melalui keranjang kuning pada aplikasi Tiktok. Variabel copywriting promotion, online customer review, dan gaya hidup secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui keranjang kuning pada aplikasi Tiktok.
References
A, I. dan S. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indocafe Pada Pt Prima Bintang Distribusindo. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 17–24. https://doi.org/10.35829/magisma.v8i2.94
Agustin, V., & Jaya, U. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee.co.id. Winter Journal, 2(1), 215–217. https://doi.org/10.1090/nml/050/92
Anoraga., B.J. dan Iriani., S. S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (BISMA), 6(2), 139–147. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/article/view/2774/1794
Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.3897
Ardistta. R., W. A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15, 1–13.
Barus, N., Pangaribuan, M., & Purnama, S. (2021). Pengaruh Promosi Menggunanakan Media Sosial TikTok terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms. Glow pada Mahasiswa di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2, 616–626.
Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 433–445. https://doi.org/10.21276/sjbms
Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022? (2022). https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022#:~:text=Sedangkan data terbaru APJII%2C tahun,juta pengguna internet di Indonesia
Fauzi, F., & Asri, R. (2020). Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 11(1), 86–95. https://doi.org/10.47007/jeko.v11i1.3220
Haniscara, N. A., & Saino. (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening : Studi Pada Generasi Muda Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Huzangi, A., & Astuti, P. B. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Kelompok Acuan, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 910–926. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.686
Konsumen Belanja Online RI Melonjak 88 Persen pada 2021. (2021). https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211229141536-92-740093/konsumen-belanja-online-ri-melonjak-88-persen-pada-2021
Kreatif! Ini 4 Produk Lokal yang Sukses Gunakan TikTok sebagai Media Promosi. (2021). https://www.parapuan.co/amp/532662341/kreatif-ini-4-produk-lokal-yang-sukses-gunakan-tiktok-sebagai-media-promosi?page=3
Kusumawati, M. S., Sriwidodo, U., & Sumaryanto. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sophie Paris Dengan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 4(2), 5–37.
Latief, F., & Ayustira, N. (2019). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
M.Choirul Azam, & Hj.Yuni Sukandani. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Price discount dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Oppo di Terminal Phone Plaza Marina Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 506–515. https://doi.org/10.36456/jsbr.v1i1.3021
Marantika, W., & Sarsono, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Pengunjung Toko Amigo Pedan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 114. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.633
Marini, Y. C., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Celebrity Endorser Msglow. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(6), 1–20.
Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 882–888. https://forms.gle/t44jvKgVK6XAiZwi8.
Mufid Suryani, Nida Nusaibatul Adawiyah, & Erlin Beliya Syahputri. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i1.416
Nurrokhim, A., & Widyastuti, E. (2021). Pengaruh social media marketing, online customer review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 122–134. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.134
Pengguna Tiktok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. (2022). https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia
Ragam Alasan Konsumen Pilih Berbelanja Online. (2020). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/ragam-alasan-konsumen-pilh-berbelanja-online
Ristanto, H., Aditya, G., & Catur. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada CV Mitra Sejati Foamindo Semarang). Jurnal Bingkai Ekonomi, 6(1), 58–71.
Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.
Shodikin, R., & Rahmawan, G. (2021). ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, BRAND DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO BOZE VAPE STORE KARTASURA. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 46–54.
TikTok Shop Catat Rekor Penjualan saat Shopping 10.10. (2021). https://m.bisnis.com/amp/read/20211013/220/1453801/tiktok-shop-catat-rekor-penjualan-saat-shopping-1010
Tiktok Shop Kini Jadi Social Commerce Paling Populer di Indonesia. (2022). https://m.harianjogja.com/tekno/read/amp/2022/10/04/503/1113688/tiktok-shop-kini-jadi-social-commerce-paling-populer-di-indonesia
Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425
Yogantari, M. V. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Intensitas Brand Kedai Kopi Takeway Denpasar. Jurnal Nawala Visual, Volume 3,(1), 8–16. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual/article/view/160
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Umi Ruqoyyah, Ginanjar Rahmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.