PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS 365 TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.153Keywords:
MS team, pengetahuan, komunikasi, persepsi, MS team, pengetahuan, komunikasi, persepsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana pengaruh aspek pengetahuan dan kemampuan komunikasi pada penggunaan media pembelajaran online dalam hal ini Microsoft Teams 365 terhadap keefektifan pembelajaran mahasiswa. Data yang digunakan adalah data primer yang di peroleh dari 31 responden mahasiswa teknik elektro universitas balikpapan. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Smart PLS 3.2.2 untuk mengetahui pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan efektifitas penggunaan media pembelajaran ms form, Komunikasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap efektifitas penggunaan media pembelajaran ms form sedangkan persepsi penggunaan ms team berpengaruh negatif dan signifikan terhadap efektifitas penggunaan media pembelajaran ms form
References
Ardiansyah, E. S. N., & Sulistyaningsih, D. (2020). Analisis proses pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi microsoft teams materi persamaan logaritma pada masa pandemi covid-19. EDUSAINTEK. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/539
Fuaddah, N. S. (2021). STUDENTS’PERCEPTIONS ON THE USE OF MICROSOFT TEAMS AS AN ALTERNATIVE ONLINE LEARNING PLATFORM AT SMAN 2 SEMARANG IN THE …. repository.unissula.ac.id. http://repository.unissula.ac.id/24598/
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. In Universitas Diponegoro.
Herminingsih, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Teams Meeting: Studi Kasus di UPBJJ UT Jember Kabupaten …. Sukma: Jurnal Pendidikan. https://jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/05104.2021
Ismanto, I., & Cindarbumi, F. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Kalkulus Berbasis MS Teams pada Masa Pandemi Covid-19. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan …. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1050
ISTANTI, L. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF MENGGUNAKAN MS-TEAMS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA …. repository.unpas.ac.id. http://repository.unpas.ac.id/61607/
Joseph F. Hair, Jr,G. Tomas M. Hult, Christian M. Ringle, M. S. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.
Kari, M. L., Bare, Y., & Mago, O. Y. T. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Blended Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Microsoft Teams. Qalam: Jurnal Ilmu …. http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/1418
KIRANA, F. H. (2021). ANALISIS PERSPEKTIF PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS MENGGUNAKAN MODEL ISSM DELONE MCLEAN DAN TAM. repository.upnjatim.ac.id. http://repository.upnjatim.ac.id/2066/
Marian, F., Yansyah, M. M., Amran, H. F., & ... (2022). Application of Microsoft Teams Applications in Mathematics Learning. Turkish Journal of …. https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/13051
Olivia, V. V. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Online (Microsoft Teams 365) di Era Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Jepara. repository.iainkudus.ac.id. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6476
P.D, S. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Rais, M. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh menggunakan microsoft teams. osf.io. https://osf.io/7dwvm/download
Ringle, C. M., Sarstedt, M., & Straub, D. W. (2012). A critical look at the use of PLS-SEM in MIS quarterly. In MIS Quarterly: Management Information Systems.
Ringle, C. M., Wende, S., & Will, S. (2005). SmartPLS 2.0 (M3) Beta. Hamburg.
Risan, R., & Hasriani, G. (2022). AKSESIBILITAS DIGITAL LEARNING SELAMA PANDEMI COVID 19 DI PERGURUAN TINGGI. Joyful Learning Journal. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/60819
Siahaan, C., Revaldo, R., & ... (2022). Pemanfaatan Komunikasi Melalui Penggunaan Aplikasi Teams Dalam Proses Belajar Mengajar Guru dan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5786
Sitorus, B. R. (2021). Microsoft Teams dalam Pembelajaran Matematika untuk Mewujudkan Merdeka Belajar. … Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan …. http://upp.untan.ac.id/index.php/pipt/article/view/26
Situmorang, A. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Virtual. Sepren. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/663
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anwar fattah, Syahrir Hasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.