Pengaruh Kompensasi Financial, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Jasa Marga Persero Tbk, Sumatera Utara

Authors

  • Ribka Natalia Banjarnahor Universitas Prima Indonesia
  • Jurisman Universitas Prima Indonesia
  • Ahmad universitas Deli Sumatera
  • Lisna Universitas Prima Indonesia
  • Lasmaria Universitas Prima Indonesia
  • Roy Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i1.157

Keywords:

kompensasi finacial, motivasi kerja, kepuasan kerja, prestasi kerja karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kompensasi financial, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap prestasi kerja karyawan di PT. Jasa Marga Tbk, Sumatera Utara. Dalam mengolah data penetilitan ini menggunakan SPSS 25. Populasi penelitian ini terdiri dari 70 karyawan di PT. Jasa Marga Tbk, Sumatera Utara. Dalam penelitian ini digunakan metodologi kuantitatif dan metode untuk menentukan probability sampling yaitu purposive sampling. Hasil uji mengungkapkan bahwa secara parsial variabel kompensasi financial dan motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan pada prestasi kerja karyawan di PT. Jasa Marga Tbk, Sumatera Utara. Sedangkan variabel kepuasan kerja memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan pada prestasi kerja karyawan di PT. Jasa Marga Tbk, Sumatera Utara. Hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa prestasi kerja karyawan dipengaruhi dengan cara yang sama oleh kompensasi financial, motivasi kerja dan kepuasan kerja pada saat yang bersamaan. Karena hasil R square untuk uji koefisien determinasi adalah 0,844, maka dapat disimpulkan bahwa variabel prestasi kerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel kompensasi financial, motivasi kerja dan kepuasan kerja hingga tingkat 84,4 persen.

References

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods Research): Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) Sebuah Panduan Komprehensif. Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta. Depatemen Pendidikan Nasional. (2008).

Soewadji, Jusuf. 2012. “Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Bangun, Wilson. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles