HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN DALAM PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BALIKPAPAN TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v1i2.16Keywords:
Self Efficacy, KecemasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan kecemasan dalam proses penyusunan skripsi pada mahasiswa. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini, subjek penelitian yang diteliti adalah mahasiswa-mahasiswi FKIP Uniba yang sedang mengerjakan skripsi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Terdapat hubungan antara self efficacy dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Semakin tinggi tingkat self efficacy individu akan semakin rendah tingkat kecemasan dalam menghadapi masalah skripsi. Sebaliknya semakin rendah tingkat self efficacy individu akan semakin tinggi kecemasan dalam menghadapi masalah skripsi. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari TMAS dan Skala Self Efficacy. Dari hasil analisis korelasi yang dilakukan diperoleh nilai korelasi antara Self Efficacy dengan Kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi adalah sebesar -0,435 dengan taraf signifikansi p = 0.001 (p > 0.01). Berdasarkan hasil analisis korelasi yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan dalam proses penyusunan skripsi pada mahasiswa
References
Arikunto.,S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Azwar, S. A. 2002. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. A. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. Self efficacy. (www.des.emory.edu/mfp/BanEncy.html) 05/01/06
Bandura, A. & Shunk, D. H. 1981. Cultivating Competence, Self Efficacy and Intrinsic Interest Through Proximal Self Motivation. Journal of Personality and Social Psychology. 41. 586-598.
Bandura, A. Cioffi, D. Taylor, C.B. & Brouillard, M.E. 1988. Perceived Self Efficacy in Coping With Cognitive Stressors and Opioid Activation. Journal of Personality and Social Psychology. 55. 3. 479-488
Baron, R. A. & Byrne, D. 1997. Social Psychology. 8 Edition. Massachussets. A Viacom Company.
Danim, S. 1997. Metode Penelitian dan Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta : Bumi Aksara.
Friedman, H. S, & Schustack, M.W. 2006. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.
Hardjana.1994. Stres Tanpa Distres : Seni Mengolah Stres.Yogyakarta. Penerbit Kanisius.
Hurlock, E.B.1993. Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.
Jung, 1993. The Relationship of Worrying, Coping and Simptoms AMONG College Men and Women. Journal of General Psychology. 120. 2. 139-148.
Kinansih, A.K. 2011. Skripsi Kelar Dalam 30 Hari. Klaten: Galmas Publisher
Kountur, R. 2004. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.
Lopez and Snyder. 2003. Positive Psychological Assesment A Handbook of Models and Measure. American Psychological Association.
Rizvi, A. Prawitasari, J.E. & Soetjipto, H.P. Pusat Kendali dan Efikasi Diri Sebagai Prediktor Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikologika. 3, 5166
Schunk, D.H. 1983. Ability Versus Effort Attributional Feedback: Differential Effects on Self Efficacy and Achievement. Journal of Education Psychology. 75. 6. 848-856.
Schwarzer & Taubart. Tenacious Goal Pursuits and Striving Toward Personal Growth: Proactive Coping.http//www.igilturarchive.librry.uu.nl/edisertation/2006-0320-200417/indeks.htm 25/1/06
Smet. B. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia.
Stein, S. J. & Book, H. E. 2004. Ledakan EQ: 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses. Bandung: Kayfa.