UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DI UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.164Keywords:
metode pembelajaran PAIKEM; , Hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Model pembelajaran PAIKEM merupakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang diberikan kepada siswa dalam suasana yang membosankan secara optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran (Pariang Sonar Siregar, dkk 2017:44). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PAIKEM dalam proses belajar mengajar di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII semester Genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah: (1) Lembar observasi Guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Dokumentasi/foto, (4) Tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) adanya peningkatan rata-rata hasil observasi guru dan siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengajar melalui penerapan model pembelajaran PAIKEM yang dibuktikan oleh peningkatan hasil belajar siswa. (2). Presentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I dan II adalah sebesar 46,15%, dan 100%. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran PAIKEM di kelas VIII di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci : Model Pembelajaran PAIKEM, Hasil Belajar Siswa.
References
DAFTAR PUSTAKA
Al Ikhlas. (2019) Penerapan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Menigkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 7 Kerinci: Ensiklopedia of Journal, 1(3). 141-149.
Arikunto.(2006). Penelitian Tindakan Kelas, Rineka Cipta, Jakarta.
Ernita Ndruru, dkk. (2021). Pengaruh model pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD: Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(5). 1296-1304.
Hartono, dkk. (2012). PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Dan Menyenangkan. Penerbit ZANAFA PUBLISHING.Pekan baru.
Indra Syah Putra. (2018). Implementasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Fikih di MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 17(2). 197-211.
Jauhar. (2016). Implementasi Paikem .Penerbit Prestasi Pustakaraya-Jakarta-Indonesia.
Lisbet Novianti Sihombing, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa: Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2). 203-213.
Mulyani Sabihi.(2019). Penerapan PAIKEM Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains di SekolahDasar: Jurnal Basicedu, 3(4). 2144-2158.
Pariang Sonang Siregar, dkk. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 010 Rambaha: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2). 743-749.
Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, karyawan dan penelitian pemula. Bandung: Alfabeta.
Rilla Wahana.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. 298-305.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Penerbit PT Raja GrafindoPersada, Jakarta
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Penerbit Pt Rineka Cipta, Jakarta.
Sudjana. (2002). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Penerbit PT REMAJA ROSDAKARYA, Bandung.
Sy. Rohana. (2022). Model Pembelajaran PAIKEM Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar:Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2). 327-345.
Syaiful Bahri Djamarah. (2010). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Penerbit PT RINEKA CIPTA, Jakarta.
Wiwik Utami. (2022). Penerapan Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas V SD Negeri 73 Kaur: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(9). 139-146.
Direktorat Pembina SMP. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Penulisan sumber referensi/literatur yang diacu dalam artikel wajib menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley dengan format American Physicological Association (APA). (TNR, 12, normal, spasi tunggal).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adianus Lase, Bezisokhi Laoli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.