PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 HILIDUHO

Authors

  • sherly laoli Universitas Nias
  • Yearning Harefa

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.165

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran Kelas VII di SMP Negeri 1 Hiliduho yang selama ini mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih kurang khususnya dalam mata pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengembangkan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Microsoft Powerpoint Berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPS Terpadu dan (3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Microsoft Powerpoint berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPS Terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model  Borg and Gall. Hasil penelitian menyatakan bahwa media Microsoft Power Point Berbasis Augmented Reality pada materi Kegiatan Ekonomi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 100%, oleh ahli media sebesar 100%, ahli bahasa sebesar 100% dan guru mata pelajaran sebesar 100%, yang masing- masing berkriteria sangat valid. Untuk hasil pada uji kelompok kecil didapatkan presentase sebesar 78%  dengan kriteria baik dan pada uji lapangan kelompok besar didapatkan presentase sebesar 90% sangat baik. Dan pada efektivitas media pembelajaran menggunakan tes hasil belajar dengan presentase ketuntasan belajar peserta didik mencapai 75% dengan kriteria efektif.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Microsoft Power Point Berbasis Augmented Reality, Kegiatan Ekonomi.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aldi Sugari (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ketrampilan Elektronika di SMP Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 3, No. 1. https://core.ac.uk/download/pdf/230725151.pdf

Ana Safitry Syam1, Wahyuni Ismail2, Ahmad Ali3 (2021). Media Augmented Reality dan Power Point serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi Vol 4 No 2.

Dharma Acariya Nusantara (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Vol.1, No.1. https//id.scribd.com/document/659032338

Fauzana Alfiani1, Tri Kurniawati, S.Pd, M.Pd2, Menik Kurnia Siwi, S.Pd, M.Pd3. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/viewFile/4766/2678

Hanafi (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman Volume 4 No. 2. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204/953.

Ilmawan Mustaqim (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality. Jurnal EDUKASI ELEKTRO Vol 1,No1.https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/13267.

Ilmawan Mustaqim (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta

Maulana Akbar Sanjani,M.Pd (2020). Tugas dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol.6, No.1. https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/download/287/209

Maman Sri Suganda, Syariful Fahmi (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2. https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/570.

Maulana Akbar Sanjani, M.Pd (2020). Tugas dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume 6 No. 1 Juni. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287.

Nasution. 2013. Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Jakarta , PT. Bumi Aksara.

Putu Wirayudi Aditama1), I Nyonya Widhi Adnyana2), Kadek Ayu Ariningsih3). 2019. Augmented Reality dalam multimedia pembelajaran. Volume 2. https://www.researchgate.net/profile/Wirayudi_Aditama/publication/334362261.

Panji Setiawan, I Dewa Nyoman Sudana (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontektual untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 13 No 2. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Rayandra Asyhar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta, Referensi Jakarta.

Sofia Sebayang dan Tiur Rajagukguk (2019-2020). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Volume 2 No. 2. https://www.neliti.com/id/publications/464457

Siti Nazilah1, Fajar Saepol Ramdhan2, (2021). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Landmark Negara-Negara ASEAN Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking. Jurnal IKRA-ITH Invormatika. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA Vol 5 No.2.https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith informatika/article/view/1003/739.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Alfabeta.

Sofan Amri. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kuriklum 2013. Jakarta, PT Prestasi Pustaka.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.

Talizaro Tafonao (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan Volume 2 No. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204/953

Thamrin Teyeb (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 2.

https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5961.

Downloads

Published

2023-12-16

Issue

Section

Articles