Pengaruh Kreativitas Guru Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Yarni Yanti Universitas Nias
  • Yearning Harefa

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.166

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi yang bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kreativitas guru mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe tahun pelajaran 2022/2023 (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kreativitas guru mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket dan dokumentasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 25 orang. Sampel dalam penelitian ini, peneliti mengambil jumlah semua populasi sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan analisa korelasi produck moment. Selanjutnya untuk mengetahui kehandalan korelasi pada kedua variabel penulis melakukan uji hipotesis dengan uji “t”, pada taraf signifikan 5% atau interval tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil uji T diperoleh , hipotesis yang diterima adalah  yaitu ada pengaruh Kreativitas Guru Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Mandrehe tahun pelajaran 2022/2023. Kontribusi Kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa menggunakan rumus KD =

 

Kata kunci :  Kreativitas Guru, Hasil Belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan kreativitas pembelajaran bagi guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Ahmad, syaikhudin. 2013. Perkembangan kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Volume 5 No. 2 Desember. Pp 303-304.

Asep (2013). Kreativitas guru agama dalam meningkatkan Kualitas pendidikan agama islam di sekolah dasar islam terpadu meranti senen Jakarta pusat. Jakarta: fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan.UIN Syarif hidayatullah.

Dwi, S., Susanti, A., Zainudin, M., & Mujahidin, A. (2020). Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Mts Asy-Syakur Nglingi Ngasem. 2.

Edi, Waluyo. 2013. Pengaruh kreativitas dan motivasi belajar siswa Yogyakarta.PT. Rineka Cipta.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Hamid, A., Ketut, N. I., & Yulianti, E. K. A. (2019). Jurpis : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial ISSN : 1693-220X MINAT SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU PARIGI MOUTONG UNTUK MELANJUTKAN Jurpis : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 16(1), 47–57

Hulan, H., Khosmas, K., & Genjik, B. (2017). Pengaruh Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Kemala Bhayangkari. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23018.

Muhammad Syukran & DKK. (2018). PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo Volume IV Nomor 1 Juni 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, IV(2file:///C:/Users/Acer/Downloads/49-Article Text-134-1-10-20200110.pdf), 119–128.

Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan, (Bandung PT. Remaja Rosdakarya 2010), Cet. Ke15.

Monawati., M., & Fauzi., F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 33–43. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195.

pupuh fathurrohman dan M. Sobry sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Bandung, PT Refika Aditama.

Relisa, Y. Murdiyaningrum, S. lismaynati. (2019). kreativitas guru dalam implementasi kurikulum 2013 (edisi pert). pusat penelitian kebijakan pendidikan dan kebudayaan, badan penelitian dan pengembangan, kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Rezki, A. M., & Neli, W. C. (2020). Edu Science KREATIVITAS GURU DALAM MENUMBUHKAN. 7(1), 28–33.

Renanda, Raul (2014). Mencuri Kreativitas Desainer. Jakarta: Trans Media.

Sujarweni. (2017). Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, 3(2), 330–337.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R & D). Bandung: Alvabeta.

Yanti, Oktavia. 2014. Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di sekolah. Volume 2 Nomor 1. Juni Pp 808-803.

Downloads

Published

2023-12-16

Issue

Section

Articles