PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 TUHEMBERUA SATU ATAP T.A 2022/2023

Authors

  • Yerti Ndruru Universitas Nias
  • Bezisokhi Laoli

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.167

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Tuhemberua Satu Atap T.A 2022/2023. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada materi pelaku ekonomi dengan menggunakan model inkuiri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi aktifitas siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi berupa foto. Penelitian ini mengikuti langkah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Pada Siklus I hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk observasi  guru melalui penerapan model  pembelajaran inkuiri mencapai rata-rata 62,50% berada pada interval cukup, sedangkan pada siklus ke II observasi pelaksanaan proses pembelajaran untuk observasi  guru melalui penerapan model  pembelajaran inkuiri mencapai rata-rata 90,00%  berada pada interval baik. Hasil observasi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 56,85% dan pada siklus ke II mencapai rata-rata 85,00%. (2) Pada Siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 61,44 tergolong cukup, sedangkan pada Siklus II hasil belajar siswa dengan rata-rata 83,21 tergolong baik. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I sebesar 52,00%. Sedangkan Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II sebesar 100%.

 

Kata kunci :  Model Pembelajaran Inkuiri, Prestasi Belajar Siswa

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto (2012).Prosedur Penelitiansuatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aris Shoimin, (2014), Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013, Penerbit, Ar-Ruzz media.

Aan Pravo Albarado, Viarti Eminita, (2020), Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTS Khazanah, Jurnal pendidikan matematika, vol.(6),307.

Arikunto (2006), Penelitian TindakanKelas, Rineka Cipta, Jakarta.

Ahmad Syafi’i, Tri Marfiyanto,dkk (2018), Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi, Jurnal komunikasi pendidikan, vol.(2),118-120.

Helmiati, (2012), Model pembelajaran, Sleman Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Hairul Juhdy, (2022), Penerapan metode pembelajaran berbasis inquiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi Termokia: perubahan Entalpi di kelas XI IPA-1 semester I SMA Palibelo tahun pelajaran 2019/2020, Jurnal pendidikan dan pembelajaran Indonesia, vol. (2),129.

Kunandar, (2007), Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar. Bandung, Tarsito.

Maria Kristina Selo Gu, dkk (2019), Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII semester II SMP Negeri 7 Nangapanda tahun pelajaran 2018/2019, Jurnal pendidikan, vol. (3) 3.

Neli Kartika, dan Ira Ismeylia Saputri, (2019), Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran dasar akutansi di SMKN 4 kota serang, Jurnal pendidikan akutansi dan keuangan, vol. (2)168-172.

Ni Putu Sri Ayu Martini, (2019), Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar ipa peserta didik, Jurnal IKA, vol.(17)1429-1431.

Nurhadifah Amaliyah, dkk, (2019), Model pembelajaran inovatif, Samudra biru (Anggota IKAPI).

Sudirman, Suswati Hendriani, (2022), Upaya peningkatan prestasi siswa di SMP Negeri 7 Sawalunto, Jurnal penelitian ilmu pendidikan Indonesia, vol.(1)295.

Slameto, (2010), Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Sudjana, (2002), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Yusuf Kristianto, (2019), Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa kelas IV SD, vol.(3)1429-1431.

Departemen Pendidikan dasar dan menengah, Direktorat Pembina SMP, 2007.

Downloads

Published

2023-12-16

Issue

Section

Articles