PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTKP SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI T.A 2022/2023

Authors

  • Mei Yarni Universitas Nias
  • Arianto Lahagu

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.169

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Galerry Walk, Hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMK Negeri 1 Gunungsitoli yang selama ini mengalami masalah dengan kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang telah ada dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi bisnis masih kriteria kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif gallery walk, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gunungsitoli, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yang populasi penelitiannya adalah seluruh jumlah siswa kelas X OTKP yang terdiri dari tiga kelas. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, persentase keberhasilan model pembelajaran kooperatif gallery walk berdasarkan observasi guru, yaitu sebesar 90,38% dan ketidakberhasilan yaitu 100% - 90,38% = 9,62%. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif gallery walk sudah sangat baik. Pada kelas X OTKP 1 rata – rata hasil posttest ialah 80,20 sedangkan pada kelas X OTKP 2 rata – rata  nilai posttest ialah 65,00.  Nilai signifikan (2-tailed) dan nilai t yaitu sebesar 0,000 dan -9,692. Karena 0,000 < 0,025 dan nilai t berada pada daerah penolakan Ho maka ada hubungan yang signifikan antara tes awal dan akhir pada kelas eksperimen serta Ha diterima.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2).

Arifin Zainal. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Penerbit: PT Remaja Rosdakarya.

As' ad, M. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning (CL) Model Gallery Walk (GW) Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab MTs Hasan Yamani Kecamatan Campalagian Kabupaten POLMAN. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(1 (Januari)).

Asrul, dkk. 2014. EvaluasiPembelajaran. Bandung. Penerbit: Citapustaka Media.

Aulia Rahman Arief, Eva Nasryyah Cut. 2019. EvaluasiPembelajaran. Meulaboh.Penerbit: UwalsInspirasi Indonesia.

Ayu Ida. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Denpasar.Penerbit: UNHI Press.

Daryanto dan Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, T. A. (2015). Implementasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2).

Djamarah. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

EdianaAsep. 2020. EvaluasiPembelajaranInovasiPenilaianHasilBelajar.Jakarta Selatan.Penerbit: Puslitpen LP2M UIN SyarifHidayatullah Jakarta.

Elshinta,A.D., dan Rohmah, S.S.(2017). Gallery Walk Strategy in Classroom : Pathway to Improve EFL Students’ Reading Achievement. Channing: English Language Education and Literature,2(2),95-104.https// journal,unha.ac.id/indekx.php/channing/article/download/270/161

Fauzia, N., Agustina, E., & Maisura, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar . Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(3), 235-244.

Gufron, M. 2011. Implementasi Metode Galley Walk dan Small Group Discussion Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII E di SMP Negeri 1 Banyuwangi Probolinggo. Malang: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Habel. (2015). Peran Guru Kelas Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar 005 Di Desa Setarap Kcamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau. E-journal sosiatrisosiologi, 3, 13-27.

Hardani,dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Hendriana, H. & Soemarmo, U. (2014) Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Indah, Y. W., Rohaendi, S., & Rahmah, M. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Dampaknya pada Kepercayaan Diri Siswa SMA. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 4(01).

Ismail, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA NEGERI 4 BAUBAU. Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi, 6(2), 19-36.

Jusmawati, dkk 2018. Strategi Belajar Mengajar. Makassar,Rizky Artha Mulia.

Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant..

Komarudin, dkk. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Penerbit: Laboratorium Sosial Politik Press.

Lahagu, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Smart Card Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 882-889.

Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika . Bandung: Refika Aditama .

Laura, at.al.(2014).Strategi Pembelajaran.(Jakarta: Indeks, 2014),124

Manik, Yuni Mariani, and Darwin Bangun.(2019) "Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar pada pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Perbaungan." EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya 7.2 (2019): 125-136.

Marteja, S. 2020. Model Pembelajaran Gallery Walk Pada Mata Pelajaran Jurnal Khusus Perusahaan Dagang Di SMAN 1 Rejang Lebong. Jurnal Promosi: Jurnal Ilmu Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol. 8. No. 1.

Marasabessy, A. (2012). Análisis Pengelolaan Pembelajaran Yang Dilakukan Oleh Guru Yang Sudah Tersertifikasi dan Yang Belum tersertifikasi pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 7-13.

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128-135.

Putri, E. A., Sari, P. M., Anitra, R., & Sulistri, E. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 84 SINGKAWANG. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2)

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Riadi, Edi. 2016. Statistika Penelitian (analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV. Andi.

Rulviana,V.( 2021). Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Tladan 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 7(4), 19-24.

Sandy, S., Latuconsina, Z. A., Annaqsyabandy, B., Alkayisy, M. I., & Widyastuti, E. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa Di SMP ISLAM IBNU HAJAR KOTA BEKASI. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 1.

Sanjaya, Wina. (2008) Strategi PembelajaranBerorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana

Setiawan, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X DI SMA Negeri 5 Tellu Limpoe (Doctoral dissertation, Ekonomi).

Slameto.2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta

Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung Nuansa

Sugiyono. 2016. Metode PenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode PenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah, B. (2009). ProfesiKependidikan : Problema, Solusi Dan

Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Vhalery, Randika. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Dengan Tipe Learning Together Pada Aktivitas Belajar Peserta Didik Di SMA Tri Dharma Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 9(1), 01-10.

Yuliana, L., Barlian, I., & Jaenudin, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 17-27.

Zebua, D. I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Kelas XI-IPS SMAS Pemda 2 Gunungsitoli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 392-398.

Downloads

Published

2023-12-16

Issue

Section

Articles