Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara

Authors

  • Meisti Ziliwu Universitas Nias
  • Bezisokhi Laoli

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.170

Keywords:

Media Pembelajaran PowerPoint Berbasis Lectora Inspire, Hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara, yang selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah, bahan ajar yang digunakan kurang efektif dan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang maksimal, yang membuat siswa merasa bosan dan tidak menyenangkan apalagi siswa harus duduk berjam-jam. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran PowerPoint berbasis  Lectora Inspire pada materi Pelaku Ekonomi, untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran PowerPoint  berbasis  Lectora Insire, kelayakan, kepraktisan dan hasil belajar siswa. Hasil validasi materi oleh validator I pada media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, Hasil validasi materi oleh validator II pada  media pembelajaran  PowerPoint berbasis Lectora Inspire sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi bahasa pada media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire sebesar 96,4% dengan kriteria sangat layak, Hasil validasi desain media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire sebesar 95,4% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran PowerPoint berbasis Lectora Inspire pada uji coba prodak I sebesar 79,8% dengan kriteria praktis, uji coba prodak II sebesar 93,55% dengan kriteria sangat praktis. Hasil belajar siswa pada media pembelajaran dengan ketuntasan belajar siswa 96%.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran PowerPoint Berbasis Lectora Inspire, Hasil Belajar.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agus Juniyanto, dkk, 2020, Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Mrisi Pada Mjata IPA Tema 5 Ekosistem Dengan Cooperative Learning. Jurnal Prosiding Profesi Guru, Vol. 2(7), 1470.

Ahmad Syawaluddin, dkk, 2019, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Jikap PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol. (3), 296.

Dewi Ernitasari, 2017, pengembangan media pembelajaran berbasisi lectora inspire untuk meningkatkan prestasi siswa kelas V SD N Kasihan. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 3-5.

Dini Dian Rahayu, Dkk, 2021, Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Pini Jurnal PGSD, Vol. (1), 427.

Elisabet Niken Anggraini, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Mengacu Pada Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas V Sekolah Dasar, Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogtakarta.

Hendri Raharjo, 2017, Media PowerPoint dan motivasi belajar, Vol, 2, 2

Herda Meidilana, dkk, 2020, Pengembangan Media Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Leterasi Sains Siswa Kelas Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.(3), 144-146.

Hujar AH. Sanaky, 2009, Media PowerPoint dan motivasi belajar, Vol, 2,: 135-136

M. Miftah, 2013, Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. Vol. (1), 100.

Naomi T. Ngedi, Samuel I, Leton, Aloysius J. Fernandez, 2019, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melaui Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Kependidikan Matematika, Vol.(1), 21.

Norma Dewi Shalikhah, 2016, Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala, Vol. XI, 111.

Rusman dkk, 2013, Media PowerPoint dan motivasi belajar. Vol. 20, 301

Sapriyah, 2019, Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP,Vol. (2), 471.

Siti Maulida Purnawati, 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK kelas IX SMP NEGERI 3 SEMARANG, Skripsi, UNNES, Semarang.

Suzan Javannie Masithoh, 2017, Pemgembangan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Untuk Tema Umum Sistem Pada Pemelajaran IPS Terpadu, Skripsi, Semarang.

Sulastri, dkk, 2015, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategis Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, Vol. (3), 92.

Solichun, 2016/2017, Penerapan Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pembangunan Berwawasan Lingkungan Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, UNNES, Semarang.

Wibowo, 2015, Media PowerPoint dan motivasi belajar, Vol, 2, 3

dkk, 2017, Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, Vol. (20), 10-13.

dkk, 2013, Media PowerPoint dan motivasi belajar. Vol. 20: 297

Downloads

Published

2023-12-16

Issue

Section

Articles