PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUHEMBERUA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.171Keywords:
Model Pembelajaran Active Learning, Hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Tuhemberua khususnya di kelas VIII-1, diketahui bahwa dalam pembelajaran guru belum menerapkan model pembelajaran active learning dan hasil belajar siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran active learning, dan (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran active learning di SMP Negeri 2 Tuhemberua tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), instrumen yang digunakan berupa lembar observasi guru, siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian di lapangan maka ditemukan bahwa (1) Rata-rata hasil observasi untuk responden guru pada pelaksanaan siklus pertama dan kedua yaitu 71,58% dan 92,59%. (2) Berdasarkan hasil pengamatan untuk siswa pada siklus pertama dan kedua rata-rata sebesar 66,89% dan 83,86%. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran maka diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama yaitu 65,39, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 79,11. Sedangkan persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus pertama 63,63% dan pelaksanaan penelitian siklus kedua maka peneliti memperoleh persentase ketuntasan menjadi 86,36%. Dengan demikian maka peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Tuhemberua, khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Active Learning, Hasil Belajar Siswa.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, dkk.(2006). Prosedur Penelitian.Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Anitah.(1995). Proses Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar.(1998). Pengantar Statistika.Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Saiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain.(2010). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Dodik Kariadi, dkk. (2018). Model Pembelajaran Active Leraning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. JurnalEducation.12(1), 11-21.
Effendi, Mukhlison.(2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar.Jurnal Pendidikan Islam. 7(2), 285-308.
Fadhilah, Izza Amirul & Binti Maunah.(2001). Manusia Sebagai Makhluk Yang Perlu Dan Dapat Dididik.Jurnal Cendekia. 15(2), 254-268.
Helmiati.(2012). Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hudoyo, Herman. (1990). Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaanya di Depan Kelas.Surabaya: Usaha Nasional.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Yang di Sempurnakan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Patimah.(2019). Penggunaan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Sejarah.Jurnal Ilmu-ilmu social.16(2). 151-162.
Purwanto.(2014). Evaluasi Hasil Belajar (Cetakan VI).Yogyakarata: Pustaka Belajar.
Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian untuk guru, Karyawan dan Penelitian Pemula.Bandung: Alfabeta.
Silberman, Melvin L. (2009). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Alih Bahasa: Raisul Muttaqien) (rev. ed.). Bandung: Nusamedia.
Silberman, Melvin L. (2018). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif.Bandung; Nuansa Cendekia.
Slameto.(2013). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya (Cet.6). Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono.(1995). Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persaja.
Sudjana.(2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumardi, dan Adi Priyogo.(2011). Penerapan Stratgi Pembelajaran Active Learning Dengan Pendekatan Tutor Sebaya Berdasarkan Hasil UASBN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.Jurnal Prosiding Nasional Matematika Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.77-85.
Suyadi.(2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zaini, H, Munthe B. Aryani. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarata: CTSD Inastitut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.
, Direktorat Pembinaan SMP. (2007). Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Zai, Bezisokhi Laoli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.