PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.172Keywords:
Probing Prompting , Hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara, yang disebabkan karena kegiatan pembelajaran hanya didominasi oleh guru saja. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing Prompting dalam proses belajar mengajar (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan menerapkan model pembelajaran Probing Prompting.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) Lembar observasi guru dan siswa, (2) dokumentasi/ foto, (3) tes hasil belajar.Berdasarkan temuan peneliti dilapangan bahwa: (1) Rata-rata hasil lembar observasi guru siklus I yaitu 63,33%, dan observasi siklus II meningkat menjadi 90,83%. (2) Sedangkan hasil lembar observasi siswa pada siklus I rata-rata sebesar 50,96%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,17%. Berdasarkan hasil evaluasi maka rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69,80 dengan persentase ketuntasan sebesar 57,65%. Pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi rata-rata 86,05 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%, persentase tingkat penguasaan baik sekali. Hal ini telah mencapai target yang telah ditetapkan yakni 75%.
Kata kunci : Probing Prompting dan Hasil Belajar
References
DAFTAR PUSTAKA
Agustin Sukses Dakhi (2020).Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development,Vol.8 (2) , 46-468
Ahmad Taufik.(2022).Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dengan Model Probing Prompting Di SMP Mangunharjo Tugumulyo Musi Rawas. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, Vol.11 (1), 4-5
Apdoludin,S., & Jofa, N. (2023). Dampak Penggunaan Model Probing Prompting Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, Vol. 5 (2), 423
Aris shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Arikunto, S ddk,. (2012) .Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT.Bumi Aksara
Arikunto , 2006, Penelitian Tndakan Kelas, Rineka Cipta, Jakarta.
Desi Pristiwanti ,dkk .(2022) Pengertian Pendidikan. Jurnal pendidikan dan konseling (JPDK), Vol 4 (6) 7911.
Eka Apriyanti, dkk.(2022). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Biology And Education Journal Vol 2 (2),51
Gina Nur Azizah & Sundayana,R(2016).Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air dan Probing Prompting.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol,5(3),309
Hamalik, Oemar.2006. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Helma Mustika, & Lindra Buana. (2017) .Penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. MES: Journal of Mathematics Eduction and Science, Vol 2 (2).33
Helmiati.2012.Model Pembelajaran. Sleman Yogyakarta : Aswajaya Pressindo.
I Made Bagus Susila Putra .(2021).Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Ips Dengan Kovariabel Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas IV Di Sd Gugus Vi Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol 2 (2), 169-175.
Imron, 2016,Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara
Rahmad Rifai Lubis ,dkk.(2023). Peran Guru Penggerak dalam meningkatkan pemerataan kualitas kinerja Guru. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, Vol.33(1) 72
Riduwan, 2008, Belajar Mudah Penelitian, Bandung, Alfabeta.
Rusydi Ananda, Abdillah, 2018, Pembelajaran Terpadu, Medan:Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Saud, dkk, 2006, Pembelajaran Terpadu, Bandung: UPI Press
Sanjaya, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group.
Shilphy A.Octavia. 2020, Model-Model Pembelajaran,Yogyakarta : CV Budi Utama
Slameto, 2010, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta
Sri Handayani, dkk, 2020 Model-Model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4,0, Malang: Literindo Berkah Jaya.
Sudjana, 2002, Metode Statistika, Bandung, Tarsito.
Sugiyono.(2016). Metode penelitian Kuantitatif.Kualitatif dan R&D.Bandung:PT Alfabet.
Sukardi . 2015.Metodologi Penelitian Pendidikan . Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suyono dan Harianto, 2011. Belajar dan Pembelajaran .Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offest.
Winda Hollilah , Siti Romlah (2022). Pengaruh Penerapan Metode Probing Prompting Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Nurrezky Hasanah Ciparay. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, Vol 1(1), 32
Direktorat Pembinaan SMP, 2007, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jessika Zendrato, Bezisokhi Laoli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.