ANALISIS PROFESIONALITAS KERJA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI JAMBI

Authors

  • Refor Diansyah Universitas Jambi
  • Westi Afriati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.173

Keywords:

Profesionalitas Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Analisis Profesionalitas Kerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena yang ada dan berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar Ekonomi di SMAN Titian Teras yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Milles and Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi dapat dikatakan profesional karena dilihat dari kinerjanya sehari-hari, guru mata pelajaran ekonomi sebaiknya dapat meningkatkan lagi profesionalitas kerjanya.

References

Jurnal

Ariani, Fitri.2009. Pengaruh Gaji Terhadap Komitmen Guru Honor pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Josua Medan, Skripsi, Universitas Sumatra Utara, Medan

Batubara Anitia Anggraini. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Medan. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang

R. Sudiarditha I Ketut. 2017. Pengaruh Karakteristik Kerja, Kompensasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru Ekonomi pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Provinsi Bali

Dewi Tiara Anggia. 2015. Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. Malang

Istyarini. 2000. Kompetensi dan Profesionalisme Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan No.3 (7). Jakarta.

Buku teks

As’ad, Moh. (2004). Psikologi Industri. Yogyakarta : liberty

Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nosional. Bandung :Yrama Widya

Hamdayama Jumanta, 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Moeheriono.2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Komputer. Jakarta : Rajawali Pers

Moekijat. (2002). Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja. Bandung: Pionir Jaya

Musfah Jejen, 2015. Redesain Pendidikan Guru. Jakarta : Prenadamedia Group

Pratiwi, Hany. 2019. Komitmen Mengajar .Yogyakarta : Andi

Priansa Donni Juni. 2017. Manajemen Kinerja Kepegawaian. Bandung: Pustaka Setia

Rusman, Kurniawan Deni, Riyana Cepi. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Raja wali Pers

Samsuddin Harun, 2018. Kinerja Karyawan ditinjau dari Dimensi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi. Sidoarjo : Indonesia Pustaka

Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta : ANDI

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Sastrohadiwiryo Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : PT Bumi Aksara

Supardi. 2014.Kinerja Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Triantna Cepi, 2015. Perilaku Organisasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Ulfatin Nurul, Triwiyanto Teguh. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers

Waluyo, 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Sulianta Feri. 2020. Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif social Studend. Bandung

Suherdi Devri, 2021. Peran Literasi Digital di Masa Pendemik. Cattleya Darmaya

Hanafi Halid, Adu LA, Muzakkir H. 2019. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta. CV. Budi Utomo

Satori, Djam’an., dkk. 2012. Profesi Keguruan. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka

Riswadi. 2019. Kompetensi Profesional Guru. Jawa Timur. Uwais Inspirasi Indonesia

Apandi Idris, Rosdianawati Sri. 2017. Guru Profesional Bukan Guru Abal-abal. Yogyakarta. CV Budi Utama

Sumardi. 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasi untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta

Saudagar Fachruddin, Idrus Ali. 2011. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta. Gaung Persada Press

Wijaya Iwan. 2018. Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Jawa Barat. CV Jejak

Anwar Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta. Prenadamedia Group

Janawi. 2019. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung. Alfabeta

Kunandar. 2014. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sartifikasi Guru Profesional. Jakarta. Rajawai Pers

Soejadi. 1997. Analisis Manajemen Modern. Jakarta. PT Toko Gunung Agung

Gie The Liang. 1998. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta. Gunung Agung

Komaruddin. 1994. Ensiklopedia Edisi Ke-2. Jakarta. Bina Aksara

Saparudin Yudhi. 2019. Pembelajaram IPA, Kompetensi Guru, dan Supervisi. Cv Jakad Media Publishing. Surabaya

Pianda Didi. 2018. Kinerja Guru: kompetensi guru, motivasi kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak. Jawa Barat

Madjid Abd. 2016. Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Samudra Biru. Yogyakarta

Taridala Sulastri, Anwar Rosihan. 2023. Transformasi edukasi: Mengoptimalkan kinerja guru dan kualitas layanan melalui program merdeka belajar. Feniks Muda Sejahtera. Sulawesi Tangah

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Raja Grafindo. Jakarta

Downloads

Published

2023-06-30 — Updated on 2024-01-12

Versions

Issue

Section

Articles