ANALISIS PROFESIONALITAS KERJA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.173Keywords:
Profesionalitas KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Analisis Profesionalitas Kerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena yang ada dan berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar Ekonomi di SMAN Titian Teras yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Milles and Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi dapat dikatakan profesional karena dilihat dari kinerjanya sehari-hari, guru mata pelajaran ekonomi sebaiknya dapat meningkatkan lagi profesionalitas kerjanya.
References
Jurnal
Ariani, Fitri.2009. Pengaruh Gaji Terhadap Komitmen Guru Honor pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Josua Medan, Skripsi, Universitas Sumatra Utara, Medan
Batubara Anitia Anggraini. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Medan. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang
R. Sudiarditha I Ketut. 2017. Pengaruh Karakteristik Kerja, Kompensasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Guru Ekonomi pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Provinsi Bali
Dewi Tiara Anggia. 2015. Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. Malang
Istyarini. 2000. Kompetensi dan Profesionalisme Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan No.3 (7). Jakarta.
Buku teks
As’ad, Moh. (2004). Psikologi Industri. Yogyakarta : liberty
Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nosional. Bandung :Yrama Widya
Hamdayama Jumanta, 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
Moeheriono.2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Komputer. Jakarta : Rajawali Pers
Moekijat. (2002). Manajemen Tenaga Kerja dan Hubungan Kerja. Bandung: Pionir Jaya
Musfah Jejen, 2015. Redesain Pendidikan Guru. Jakarta : Prenadamedia Group
Pratiwi, Hany. 2019. Komitmen Mengajar .Yogyakarta : Andi
Priansa Donni Juni. 2017. Manajemen Kinerja Kepegawaian. Bandung: Pustaka Setia
Rusman, Kurniawan Deni, Riyana Cepi. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Raja wali Pers
Samsuddin Harun, 2018. Kinerja Karyawan ditinjau dari Dimensi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi. Sidoarjo : Indonesia Pustaka
Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta : ANDI
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Sastrohadiwiryo Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : PT Bumi Aksara
Supardi. 2014.Kinerja Guru. Jakarta : Rajawali Pers
Triantna Cepi, 2015. Perilaku Organisasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset
Ulfatin Nurul, Triwiyanto Teguh. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Waluyo, 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta : Salemba Empat
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Sulianta Feri. 2020. Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif social Studend. Bandung
Suherdi Devri, 2021. Peran Literasi Digital di Masa Pendemik. Cattleya Darmaya
Hanafi Halid, Adu LA, Muzakkir H. 2019. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta. CV. Budi Utomo
Satori, Djam’an., dkk. 2012. Profesi Keguruan. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka
Riswadi. 2019. Kompetensi Profesional Guru. Jawa Timur. Uwais Inspirasi Indonesia
Apandi Idris, Rosdianawati Sri. 2017. Guru Profesional Bukan Guru Abal-abal. Yogyakarta. CV Budi Utama
Sumardi. 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasi untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta
Saudagar Fachruddin, Idrus Ali. 2011. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta. Gaung Persada Press
Wijaya Iwan. 2018. Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Jawa Barat. CV Jejak
Anwar Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta. Prenadamedia Group
Janawi. 2019. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung. Alfabeta
Kunandar. 2014. Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sartifikasi Guru Profesional. Jakarta. Rajawai Pers
Soejadi. 1997. Analisis Manajemen Modern. Jakarta. PT Toko Gunung Agung
Gie The Liang. 1998. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta. Gunung Agung
Komaruddin. 1994. Ensiklopedia Edisi Ke-2. Jakarta. Bina Aksara
Saparudin Yudhi. 2019. Pembelajaram IPA, Kompetensi Guru, dan Supervisi. Cv Jakad Media Publishing. Surabaya
Pianda Didi. 2018. Kinerja Guru: kompetensi guru, motivasi kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak. Jawa Barat
Madjid Abd. 2016. Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Samudra Biru. Yogyakarta
Taridala Sulastri, Anwar Rosihan. 2023. Transformasi edukasi: Mengoptimalkan kinerja guru dan kualitas layanan melalui program merdeka belajar. Feniks Muda Sejahtera. Sulawesi Tangah
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Raja Grafindo. Jakarta
Downloads
Published
Versions
- 2024-01-12 (2)
- 2023-06-30 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Westi Afriati, Refor Diansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.