PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2021

Authors

  • Refor Diansyah Universitas Jambi
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.174

Keywords:

Motivasi, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, dan Minat Berwirausaha.

Abstract

Minat berwirausaha merupakan keinginan, ketertarikan, dan keyakinan yang diakui secara sadar oleh diri sendiri untuk melakukan tindakan kewirausahaan yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan hidup tanpa takut dengan resiko yang akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Motivasi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angjatan 2020. 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020. 3) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020. 4) Terdapat pengaruh peningkatan motivasi, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angjatan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex – Post Facto. Pengujian analisis menggunakan uji normalitas, validitas, heterokedastisitas dan multikolinearitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha.

 

References

Jurnal

Aloulou, W. J. (2016). Predicting entrepreneurial intentions of freshmen students from EAO modeling and personal. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies Vol. 8 No. 2, 1-25.

Anggraeni, B., & Harnanik. (2015). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 42-52.

Arrighetti, A., Caricati, L., Landini, F., & Monacelli, N. (2016). Entrepreneurial Intention In The Time Crisis: a Field study. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research Vol. 22 No. 6, 835-859.

Atmaja, A. T., & Margunani. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Aktivitas Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal Vol. 5 No. 3, 774-787.

Citradewi, A., & Margunani. (2016). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal Vol. 5 No. 2, 519- 531.

Ermawati, N., Soesilowati, E., & Prasetyo, P. (2017). Pengaruh Need forAchievement dan Locus of Control terhadap Intensi Berwirausaha Melalui Sikap Siswa Kelas XII SMK Negeri se Kota Semarang. Jurnal of Economic Education Vol. 6 No. 1, 66 - 74.

Evalina, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan dan Bisnis Manajemen Vol. 1 No. 1, 170.

Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, dan Self EffIcacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal Vol. 5 No. 1, 273- 289.

Farrukh et al, M. (2017). Entrepreneurial intentions: the role of familial factors, personality traits and self- efficacy",. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 1- 27.

Buku teks

Acs, Z. J., Szreb, L., & Llyod, A. (2018, Desember 3). Global Entrepreneurship Index. Retrieved Januari 21, 2019, from Global Entrepreneurship Index : https://thegedi.org/

Ahmadi, H. A., & Uhbiyati, N. (2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behaviour. Organizational Behaviour and Human Decision Processes 50 , 179-211.

Bosma, N., & Kelley, D. (2019, Januari 21). Global Entrepreneurship Monitor 2018/2019 Global Report. Retrieved Januari 23, 2019, from Global Entrepreneurship Monitor: https://www.gemconsortium.org/

Cantwell, N., & Holszcheiter, A. (2008). Children Deprived of Their Family Environment. Boston: Martinus Nijhoff Publisher.

Casson, M. (2010). Entrepreneurship: Theory, Networks, History. Cheltenham, United Kingdom: Edward Elgar Publishing Limited.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2013). Kewirausahaan: Modul Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dweck, C. S., & dkk. (2017). Handbook of Competence and Motivation Second Edition Theory and Application. New York: THE GUILFORD PRESS.

Farhangmehr, M., Gonçalves, P., & Sarmento, M. (2016). Predicting entrepreneurial motivation among university students: The role of entrepreneurship education. Education Training Vol. 58 No. 7/8, 861-881.

Ferreira, J. J., Fernandes, C., & Ratten, V. (2018). The influence of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions. ResearchGate, 1-12.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gross, R. (2012). Psychology The science of Mind and Behavior. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-06-30 — Updated on 2024-01-12

Versions

Issue

Section

Articles