UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MIKIR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, DAN REFLEKSI)
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.177Keywords:
keaktifan belajar, belajar ekonomi, dan pendekatan pembelajaran MIKIRAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keaktifan belajar ekonomi melalui pendekatan pembelajaran MIKIR (2) meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran MIKIR di kelas XII IPS 1 SMAN 13 kota jambi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS I dengan jumlah 35 orang siswa. Perlakuan yang di berikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi dengan pendekatan pembelajaran MIKIR.
Temuan penelitian ini sebagai berikut. (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran MIKIR sudah sesuai dengan prosedur pelaksaan pembelajaran. (2) meningkatkan nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 2.630 Dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 75,14 Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 2.940 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 84,14 dan siklus II nilai rata-rata sebesar 3.345 Dengan ketuntasan belajar sebesar 95,57 (3) meningkatkan hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II.
References
Jurnal
Beck, A. T. (1993). Cognitive Therapy: Past, Present, and Future. Journal of Consulting and Clinical Psychology. 61(1), 194-198.
Buku teks
Abdul Majid, M.Pd. (2014). Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. (A. Kamsyach, Ed.) Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O.2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
James Bellanca. (2011). 200+ Strategi Dan Proyek Pembelajaran Aktif Untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa Edisi Kedua. Kembaga-Jakarta Barat: Indeks@Indeks.
Khairinal, 2016, Menyusun Skripsi Proposal, Skripsi, Tessis dan Disertasi, Penerbit Salim Media Indonesia, Jambi.
Prof. Sukardi, P. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Yogyakarta: Pt Bumi Aksara.
Riadi, Muchlisin. (2020). Keaktifan Belajar (Pengertian, Bentuk, Indikator, Dan Faktor Yang Mempengaruhi).
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman, A.M.2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Sudyana, D. N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (T. Suryaman, Ed.) Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surtikanti Dan Santoso. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zainal Aqib, 2013, Model - model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual, Bandung: Yrama Widya
Zainal Aqib, Dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Tk/Ra, Slb/Sdlb (Vols. 460 Hlm, 17 X 24 Cm). (Nurhid, Ed.) Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Buku kumpulan artikel.
Ahmad Jazuki. (2022, 30-Maret). Pendekatan Pembelajaran Aktif Mikir: Solusi Pembelajaran Di Abad 21. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pendekatan-pembelajaran-aktif-mikir-solusi-pembelajaran-di-abad21/#:~:text= Konsep%20 Pembe lajaran %20 Aktif %20MIKiR%20ini,dapat%20men mplementasikan %20 keterampilan %20abad% 2021.
Darojat, Q., Ani, H. M., & Suyadi, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 207-213. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8321
Febianti, Y. N. (2022). Metode Pembelajaran Team Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Peminatan Ekonomi. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Dan Sains, 10(2), 158-171. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Edunomic/article/view/6852
Febrianto, E., Joyoatmojo, S., & Nugroho, J. A. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Power Point Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Siswa Smk Negeri I Banyudono Tahun Ajaran 2015/ 2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/9012
Marhendra, M., & Djumali, M. P. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Peer Lessons Pada Siswa Kelas Viii B Semester I Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/29717/
Maryanti, I., Nasution, I. S., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mengalami Interaksi Komunikasi Dan Refleksi (Mikir). Jurnal Basicedu, 5(6), 6385-6400. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1814
Mulyanti, S., Pratiwi, R., & Mardliyah, A. (2021). Pendekatan “Mikir” Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran Online Pada Perkuliahan Kimia Organik Pokok Bahasan Senyawa Aldehida Dan Keton. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 1-12.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/orbital/article/view/7460
Nugraha, A. T., & Hidayat, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1-9. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/318
Nuryani, F. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 2 Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(6), 536-542. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/4832
Prasetyanta, E., & Noviani, L. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions (Stad). Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2 (1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/8503
Siregar, E. F. S., & Sari, S. P. (2020). Optimalisasi Pendekatan Mikir Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru Sd Muhammadiyah Kota Medan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 550-556. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/4376
Sulistyono, F., & Djumali, M. P. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas Xi Ilmu Pengetahuan Sosial Mata Pelajaran Ekonomi Sma N 1 Andong Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/67677/
Downloads
Published
Versions
- 2024-06-08 (3)
- 2023-06-30 (2)
- 2023-06-30 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Samsu Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.