INTENSITAS PENDIDIKAN EKONOMI DI LINGKUNGAN KELUARGA DILIHAT DARI PERILAKU EKONOMI KELUARGA

Authors

  • Ratna Fitri Astuti Universitas Mulawarman
  • Riyo Riyadi Universitas Mulawarman
  • Nur Anisa Universitas Mulawarman
  • Eka Nur Aprilia Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.179

Keywords:

Intensitas, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Perilaku Ekonomi

Abstract

Salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu uang, maka dari itu proses pendidikan ekonomi dalam keluarga bisanya dititik beratkan pada pemahaman nilai uang. Proses pembelajaran ekonomi dalam keluarga dapat lebih berarti jika anak diberi kesempatan untuk mempraktikkannya. Perlu untuk memberi tahu anak bagaimana orang tua menghasilkan uang, bagaimana sulitnya dan bagaimana usahanya. penelitian ini urgen dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui bagaimana intensitas pendidikan ekonomi yang diterapkan di lingkungan keluarga pada guru SMA Kota Samarinda. Penelitian ini disusun berdasarkan pada pengamatan yang dilakukan peneliti bahwa tingkat pemahaman ekonomi yang dimiliki guru SMA terutama guru matapelajaran ekonomi belum diterapkan secara maksimal dilingkungan keluarga. Rancangan dalam penelitian ini yaitu rancangan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Seseorang dikatakan cocok menjadi subjek dalam penelitian ini jika responden merupakan guru matapelajaran ekonomi yang berada di Samarinda. Penelitian dilakukan pada guru ekonomi Kota Samarinda sebanyak 60 orang. Tingkat intensitas Pendidikan ekonomi keluarga guru mata pelajaran ekonomi di Kota Samarinda dapat diketahui dengan menganalisis lembar angket yang telah diisi oleh guru. Indikator yang digunakan dalam penelitian adalah 1) Pendidikan pengelolaan uang, 2) Keteladanan, 3) Penjelasan verbal, 4) Tuntutan perilaku yang relevan, 5) Diskusi atas kasus-kasus yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjelasan verbal memiliki nilai mean yang paling tinggi dengan nilai 15,57 dan tuntutan perilaku yang relevan memili nilai mean yang rendah sebesar 14,43. Maka disimpulkan bahwa penjelasan verbal merupakan indikator yang paling dominan intens dilakukan dalam keluarga untuk membentuk perilaku ekonomi keluarga.

References

Atirah, A., & Hasan, M. (2020). Pola Pendidikan Ekonomi Masyarakat Nelayan Pesisir Danau yang Terintegrasi dalam Kearifan Lokal Sipakatau. Inovasi Pendidikan Ekonomi, 10(1).Brooks, David. 2011. The experience economy. The New York Times. A29.Harsono, H., Hastuti, S., & Padmawati, M. Y. (2019). Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Mahasiswa.

Fadhila, N., & Wahjoedi, W. (2019). Makna Pendidikan EKonomi Informal bagi Keluarga Petani di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungangung. Pendidikan Ekonomi.

Fahmi, M. F., Wahjoedi, W., & Widjaja, S. U. M. (2016). Konsep Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga. Pendidikan Ekonomi.

Hasan, M. (2018). PENDIDIKAN EKONOMI INFORMAL: BAGAIMANA PENDIDIKAN EKONOMI MEMBENTUK PENGETAHUAN PADA BISNIS KELUARGA? JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 30. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7262

Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Pendidikan Matematika, 1(2).Kumala Sari, D., Hariyono, A., Wardoyo, C., & Artikel Abstrak, I. (2021). Implikasi Pendidikan Ekonomi Rumah Tangga pada Orangtua terhadap Perilaku Anak. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Kusuma, M. A. (2022). Proses Internalisasi Pendidikan Ekonomi Keluarga Peternak Ayam Petelur Dalam Menyiapkan generasi penerus di era Revolusi Industry 4.0. Dharma Pendidikan STIKIP PGRI Nganjuk, 17(1), 9–20.

Lilis, B. (2022). ANALISIS POLA PENDIDIKAN EKONOMI DALAM KELUARGA PADA SISWA SMA NEGERI 1 KAYAN HULU. 7(2), 537–546. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE

Mundir, A. (2018). PENERAPAN PENDIDIKAN FINANCIAL PADA ANAK USIA SEKOLAH (Vol. 1, Issue 2).

Nurlaila, R., & Haryono, A. (2021). Penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga dalam sektor bisnis UMKM di masa pandemi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(8), 784–798. https://doi.org/10.17977/um066v1i82021p784-798

Purwaningrum, A., & Wahyono, H. (2021). Pendidikan ekonomi dalam keluarga pemilik home industry Desa Jatimalang Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 1(7).Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). How Informal Education Fosters Economic Awareness in Children. Dinamika Pendidikan, 15(2), 202–214. https://doi.org/10.15294/dp.v15i2.25285

Ratih, K., Syah, M. F. J., Nurhidayat, N., Jarin, S., & Buckworth, J. (2021). Learning Patterns during the Disruptive Situation in Informal Education: Parents’ Efforts and Challenges in the Adjustment of Progressive Learning. Learning and Advanced Education, 3.

Rahmatullah, Inanna, Ampa, & Tenri, A. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Pendidikan Ekonomi Undiksha.Risnawati, Umi Mintarti W, S., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 430–436. https://doi.org/http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X

Rosa, I., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh literasi keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, teman sebaya, dan kontrol diri terhadap manajemen keuangan pribadi. JURNAL MANAJEMEN, 12(2), 244–252. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640

Trihantana, R., Kusumaningrum, R., Bima Prasetya, S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Institut, I., Islam, A., & Bogor, S. (2022). MERANCANG PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM DI DESA BOJONG JENGKOL, KECAMATAN CIAMPEA, KABUPATEN BOGOR. Sahid Development Journal, 2(1), 78–85. https://jurnal.febi-inais.ac.id/index.php/SahidDevelopmentJ

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles