DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN HALAL

Authors

  • Ali Hardana Ali Hardana Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Jafar Nasution Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad
  • Ananda Anugrah Nasution Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.183

Keywords:

Price, Halal Label, Halal Awareness, Purchasing Decisions, Halal Food

Abstract

Abstract: The halal food industry is growing rapidly in Indonesia. One of them is boiled snail street food in Padangsidimpuan City. Research was conducted on 99 consumers of boiled snail street food. This research uses quantitative research with instrument testing through validity and reliability tests. Then multiple linear regression analysis is used to determine the effect of the independent variable on the dependent variable. The results show that the variables price, halal awareness and level of religiosity have a positive and significant effect on the decision to purchase halal food at the Adangsidimpuan boiled snail street food. Other findings in this research show that the halal label variable has no influence on the decision to purchase halal food at Padangsidimpuan boiled snail street food.

References

Aditya Tamara. 2021. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Institut Teknologi Sumatera) Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gela. Skripsi.

Alfian, Ian, And Muslim Marpaung. 2017. “Analisis Pengaruh Label Halal, Merk Dan Harga Terhadap Keputusan Di Kota Medan.” At-Tawassuth 2 (1): 122–45.

Ambali, Abdul Raufu, And Ahmad Naqiyuddin Bakar. 2014. “People’s Awareness On Halal Foods And Products: Potential Issues For Policy-Makers.” Procedia - Social And Behavioral Sciences 121 (September 2012): 3–25. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.01.1104.

Arviana, P. 2020. “Pengaruh Religiusitas Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Daging Olahan (Studi Pada Konsumen Muslim Nadia Food Supplies Makassar).” Http://Repositori.Uin-Alauddin.Ac.Id/18187/.

Assauri, Sofian. 1996. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep Dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif Berapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi Dan Analisis Data Dengan Spss. Yogyakarta: Deepublish.

Hardana, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Kecil Di Kota Padangsidimpuan Dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(1), 129. Https://Doi.Org/10.24952/Tazkir.V4i1.886

Hardana, A., & Damisa, A. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha Umkm Kuliner. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 16–22.

Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Pt. Bsi Cabang Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2).

Hasibuan, A. N. (2023). Pengembangan Konsep Akuntansi Islam. Prenada Media.

Hasibuan, A. N., Lubis, A. F., Hasyim, S., & Sadalia, I. (2017). Effects Of Auditor Quality On Market-Based And Accounting-Based Financial Statement Quality And Its Impacts On Economic Consequences (A Case On Indonesia Capital Market).

Hasibuan, A. N., & Nofinawati, N. (2021). Understanding Padangsidimpun City Community In Recognizing And Understanding Sharia Banking Products. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 9(2), 206-219.

Harahap, A. H., Hasibuan, A. N., & Hardana, A. (2021). Analisis Laba Terhadap Kemampuan Membayar Zakat Bank Muamalat. Journal Of Islamic Social Finance Management, 2(2), 237-249.

Hasibuan, A. N. (2018). Konsep Pemasaran Islam Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Kabupaten Tapanuli Selatan. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 6(2), 19-30.

Hassan, Shahizan, Siti Zaleha Ahmad Nadzim, And Norshuhada Shiratuddin. 2015. “Strategic Use Of Social Media For Small Business Based On The Aida Model.” Procedia - Social And Behavioral Sciences 172: 262–69. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2015.01.363.

“Keong Rebus Jadi Tujuan Pengunjung.” N.D. Https://Sumsel.Antaranews.Com/Amp/Berita/310881/Pasar-Dadakan-Kambang-Iwak-Jadi-Tujuan-Pengunjung.

Koesoemaningsih, Rachmawati. 2013. “Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Pendidikan Pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi Oleh:” 13 (2): 14–15.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Melpiana, Evi, And Ajat Sudarajat. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow Beauty.” Management And Accounting Expose 5 (1). Https://Doi.Org/10.36441/Mae.V5i1.599.

Qhardawi, Yusuf. 2017. “Halal Dan Haram Islam.” Era Intermedia.

Rohmah, Nikmatul. 2020. “Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic Branding Dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Luwak White Coffiepada Masyarakat Desa Danau Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo.” Molecules 2 (1): 1–12. Http://Clik.Dva.Gov.Au/Rehabilitation-Library/1-Introduction-Rehabilitation%0ahttp://Www.Scirp.Org/Journal/Doi.Aspx?Doi=10.4236/As.2017.81005%0ahttp://Www.Scirp.Org/Journal/Paperdownload.Aspx?Doi=10.4236/As.2012.34066%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Pbi.201.

Rosleny Marliani. 2013. “Hubungan Antara Religiusitas Dengan Orientasi Masa Depan Bidang Pekerjaan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.” Jurnal Psikologi Uin Sultan Syarif Kasim Riau 9 (Desember): 130–37.

Rosmitha, Siti Nurma. 2017. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produkterhadap Keputusan Pembelian Kartu Paket Internetdalam Perspektif Ekonomi Islam,” 1–14. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/3147/1/Skripsi_Full_Siti_Nurma.Pdf.

Santosa, R. Ery Wibowo Agung, And Andwiani Sinarasri. 2015. “Analisis Religiusitas, Pemahaman Produk Dan Sistim Pembiayaan Syariah Dengan Sikap Pengusaha.” The 2nd University Research Colloquium (Urecol).

Siregar, B. G., & Hardana, H. A. (2022). Metode Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Merdeka Kreasi Group.

Subianto, Totok. 2007. “Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ekonomi Modernsasi 3: 165–82.

Sugiono. 2012. Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, Cv.

Suryani, Hendri. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Suryowati, Budi, And Nurhasanah. 2020. “Label Halal, Kesadaran Halal, Religiusitas Dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal.” Jurnal Komplesitas Ix (11): 12–25. Http://Ejurnal.Swadharma.Ac.Id/Index.Php/Kompleksitas/Article/View/17.

Wahyuni, Indri, Sutarno, And Rully Andika. 2020. “Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kesehatan Al-Irsyad 13 (2): 131–44. Http://E-Jurnal.Stikesalirsyadclp.Ac.Id/Index.Php/Jka/Article/View/114.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles