ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSETS, KEBIJAKAN DEVIDEN, STRUKTUR MODAL DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN KEPADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2020-2022

Authors

  • glory thresya Sirait
  • Devi Septri Liyanti Br Sibarani Universitas Prima Indonesia
  • Riani Sinurat Universitas Prima Indonesia
  • Mahmuddin Syah Lubis Universitas Prima Indonesia
  • Yusneni Afrita Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v7i1.223

Keywords:

Return on Assets, Kebijakan Deviden, Struktur Modal, Keputusan Investasi dan Nilai Perusahaan

Abstract

Satu perusahaan diadakan dengan tujuan supaya meraih target tertentu, salah satunya yaitu supaya meningkatkan keuntungan. Supaya mempertahankan daya saingnya, perusahaan harus menunjukkan kinerja yang kuat melalui peningkatan nilai. Nilai perusahaan adalah tingkat keberhasilan perusahaan dari sudut pandang para pemangku kepentingan eksternal, termasuk investor. Metodologii Penelitiani yang diterapkan dalam studi ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel 28 perusahaan selama 3 periode tahunan, sehingga total 84 sampel. Tujuani dari penelitiani ini yaitu supaya mengevaluasi pengaruh pengembalian aset, kebijakani divideni, strukturi modali, dan keputusani investasi kepada nilai perusahaan manufaktur dalam subkategori konsumen yang tercatat di Bursa Saham Jakarta selama periode 2020-2022. Hasil penelitian ini memperlihatkan seandainya ROA mempunyai efek positifi dan signifikani kepada nilai perusahaan, sehingga mengkonfirmasi H1. Kebijakani divideni mempunyaii efek positif tetapi tidak signifikan kepada nilai perusahaan, sehingga menolak H2. Struktur modal mempunyai efek positif dan signifikan kepada nilai perusahaan, sehingga mengkonfirmasi H3. Keputusan investasi memiliki efek negatif dan tidak signifikan kepada nilai perusahaan, sehingga menolak H4. Kepada saat yang sama, variabel independen seperti ROA, kebijakan dividen, struktur modali dan keputusani investasi memilikii efek positifi dan signifikan kepada nilai perusahaan, menyebabkan penolakan H5.

References

A.Kusumastuti, A.M. Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Karanggawang Barat: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Rahma, S. S. ., & Arifin, A. . (2022). Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 330–341. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.58

Hermuningsih, S. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sruktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/3304

Kusumawati, R., & Rosady, I. (2018). Pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 147-160.

Wulandari, D., & Hidayat, I. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(8).

Dhani, I. P., & Utama, A. G. S. (2017). Pengaruh pertumbuhan perusahaan, struktur modal, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, 2(1), 135-148.

Chasanah, A. N. (2018). Pengaruh rasio likuiditas, profitabilitas, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei tahun 2015-2017. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 39-47.

Tarima, G. (2016). Pengaruh profitabilitas, keputusan investasi dan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2011-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4).

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles