OPTIMALISASI EKSPLORASI DIRI DALAM PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muthiara Nur Aisah Universitas Sebelas Maret
  • Laeli Shifa Nur Fauziah Nur Fauziah Universitas sebelas Maret
  • Suparmi Suparmi Universitas sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.36277/edueco.v7i2.233

Keywords:

Optimalisasi, ekplorasi diri, anak sekolah dasar

Abstract

Setiap manusia semasa hidupnya mengalami pertumbuhan dan perkembangan, kedua hal tersebut saling berkaitan dan tidak terpisahkan. Pertumbuhan sendiri mencakup perubahan fisik, dan perkembangan berupa peningkatan kemampuan serta pencarian potensi diri. Kegiatan eksplorasi menjadi salah satu bagian perkembangan anak yang mampu membentuk pola pikir dan imajinasi. Eksplorasi diri menjadi kegiatan yang dapat memunculkan identitas diri anak Sekolah Dasar dengan terlibat dalam pengalaman baru, serta juga dapat menjadi kegiatan untuk mengetahui keunikan yang ada pada diri sendiri. Pencarian identitas inilah yang mampu membuat anak Sekolah Dasar tidak percaya diri dan akhirnya mengasingkan diri, sehingga perlu adanya pengoptimalan eksplorasi diri pada anak agar dapat memberikan dampak yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara optimalisasi eksplorasi diri dalam perkembangan anak Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka atau literature review melalui Publish or Perish. Data yang diperoleh sebanyak 100 artikel, kemudian dipilih 10 artikel yang dapat diakses. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi eksplorasi diri dalam perkembangan anak Sekolah Dasar dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan di sekolah dan rumah, serta dapat dilakukan juga melalui pemanfaatan teknologi.       

References

Afifah, R. N., & Salim, R. M. A. (2021). Peran Mediasi Perilaku Eksplorasi Karier dalam Pengaruh Dukungan Teman terhadap Adaptabilitas Karier Mahasiswa. Journal of Psychological Science and Profession, 4(3), 197. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i3.29241

Babik, I., Galloway, J. C., & Lobo, M. A. (2022). Early Exploration of One’s Own Body, Exploration of Objects, and Motor, Language, and Cognitive Development Relate Dynamically Across the First Two Years of Life. Developmental Psychology, 58(2), 222–235. https://doi.org/10.1037/dev0001289

Dwi, s, T. (2023). Jurdar : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jurdar : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 873–879.

Faida, P. E., Udin, T., & Latifah. (2020). Pengaruh Metode Eksplorasi Seni Menggambar Terhadap Kreativitas Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Universal Journal of Educational Reasearch, 1(2), 116–131.

Fitriani, F., Arzani, M., Mulyono, A. (2022). Dampak Pendidikan Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Anak Kelas 3 di SDIT Al-Hijrah Dusun Busur Desa Rempek Darussalam Tahun Ajaran 2022/2023. Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(4), 143–155. https://mutiara.al-makkipublisher.com/index.php/al/article/view/23/35

Hanabella, R., & Candra, T. N. P. (2021). Eksplorasi Implementasi Circle Time pada Sekolah Dasar yang Menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan Exploring the Circle Time Implementation in Elementary Schools of Gerakan Sekolah Menyenangkan. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 12(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jptt.v12n1.p1-18

Jannah, N. Z., Santoso, G., Asiah, N., Suryadi, A., Sumardi, A., & Fitriah, A. (2023). Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ) Meniti Jalan Spiritualitas : Eksplorasi Karakter Spiritual Abad ke-21 di Mahasiswa FIP UMJ. Jurnal Pendidikan Transformatif, 02(06), 85–105.

Khoeratunisa, S., Yektyastuti, R., & Helmanto, F. (2023). Eksplorasi Kebhinekaan Global Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 478–493.

Kurniasih, D. (2022). Eksplorasi Nilai-Nilai Ekoliterasi dalam Buku Pelajaran Tematik Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 29–40. https://doi.org/10.31503/madah.v13i1.418

Kuswidi, I., Lestari, D. F., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Layangan (Pemahaman Materi Bangun Datar Layang-Layang dan Pengembangan Karakter). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(2), 129–137. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.32.129-137

Limbong, D. Q., Maharani, S., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Pertumbuhan, Perkembangan dan Peserta Didik [Growth, Development and Students]. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1911–1918.

Mahmudah, M. (2021). Mengembangkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Model-Model Pembelajaran. Jurnal Keislaman, 4(1), 19–31. https://doi.org/10.54298/jk.v4i1.3269

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muthalib, A., Aisyah, A., Sukari, E., & Aulia, R. (2020). Ragam Alternatif Media Pembelajaran Pai Berbasis Psikomotorik Selama Masa Pandemi Di Ma Persiapan Negeri 4 Medan. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 1(2), 19–35. https://doi.org/10.51672/jbpi.v1i2.6

Nurma, G. (2021). EKSPLORASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SBdP BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal PGSD Indonesia (JPI), 7, 1–16.

Paputungan, E., & Paputungan, F. (2023). Pendekatan Dan Fungsi Affektif Dalam Proses Pembelajaran The Role And Function Of Affective Approaches In Learning. Media Online) Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 2986–1012.

Pardede, P. D. K., Tafonao, D. J., & Buulolo, E. E. (2021). Optimalisasi Penggunaan Dana Desa DalamPembangunan Desa Lolosoni Kecamatan GomoKabupaten Nias Selatan 2019/2020. Jurnal Governance Opinion, 6(2), 78–89.

Pratiwi, A., Fadlilatul Hikmah, Adi Apriadi Adiansha, & Suciyati. (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i1.27

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405

Rachmawati, R., Wijayanti, R., & Putri Anugraini, A. (2020). Pengembangan eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan penguatan karakter pada materi bangun ruang sekolah dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2315

Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Shamoa-Nir, L. (2024). Identity development in multicultural context: Multidimensional self exploration approaches employed by Modern Orthodox women. Heliyon, 10(9), e29475. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29475

Sulis Mutiara, A., & Saudah. (2024). Meningkatkan Perilaku Jujur Pada Anak Melalui Eksplorasi Menggunakan Dongeng Pinokio Si Boneka Kayu. Jambura Early Childhood Education Journal, 6, 58–74. https://doi.org/10.37411/jecej.v6i1.2320

Susanti, S. M., Saleh, R., Hartati, H., Kurniati, A., Marwah, M., & Ervida, E. (2023). Eksplorasi Bahan Alam (Kerang-Kerang, Pasir, Air Laut) melalui Kegiatan Saintifik pada Anak Usia Dini di Daerah Buton. Journal on Education, 5(3), 6172–6179. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1389

Umi Sumiati As, & Sofyan Mustoip. (2023). Eksplorasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. EduBase : Journal of Basic Education, 4(1), 22–28.

Zhang-Yu, C., García-Díaz, S., García-Romero, D., & Lalueza, J. L. (2021). Funds of identity and self-exploration through artistic creation: addressing the voices of youth. Mind, Culture, and Activity, 28(2), 138-151.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles