Persepsi Guru PAUD terhadap Penerapan Asesmen Autentik dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.236Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru serta faktor-faktor yang memengaruhi persepsi mereka terhadap asesmen autentik. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru PAUD di beberapa institusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki persepsi positif terhadap asesmen autentik sebagai metode penilaian yang holistik dan relevan dengan kebutuhan anak. Namun, kendala seperti keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan, dan minimnya dukungan fasilitas menjadi hambatan dalam implementasinya. Faktor pengalaman mengajar, latar belakang pendidikan, dan dukungan institusional ditemukan memengaruhi persepsi guru. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan dan dukungan kebijakan untuk meningkatkan efektivitas penerapan asesmen autentik. Penelitian ini berkontribusi pada penguatan teori pendidikan holistik dan menawarkan rekomendasi strategis bagi pengembangan asesmen autentik di PAUD
Kata kunci: asesmen autentik, kendala implementasi, pendidikan holistik, persepsi guru
References
Agustianti, R., Abyadati, S., Nussifera, L., Irvani, A. I., Handayani, D. Y., Hamdani, D., & Amarulloh, R. R. (2022). Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran. Tohar Media.
Amanda, R. S., Hasni, U., & Indriyani, I. (2024). Analisis Penggunaan Authentic Assesment sebagai Alat Pengukuran Perkembangan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(01), 31–40.
Amini Hasby, M. K. (2022). Pelaksanaan Metode Bandongan pada Kitab Washoya di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kediri. Institut Agama Islam Tribakti.
Astari, T., Purwanti, K. Y., Arditama, A. Y., Subhananto, A., Nuryanti, M. S., Nyihana, E., Huda, W. N., Utami, W. T. P., & Hikmah, A. N. (2024). Ekologi Sosialisasi Anak: Perspektif Keluarga, Sekolah Dan Komunitas. Cv. Edupedia Publisher.
Beck, A. T. (1993). Cognitive Therapy: Past, Present, and Future. Journal of Consulting and Clinical Psychology. 61(1), 194-198.
Hadikusumo, R. A., SE, M. M., & Kom, M. (2023). bab 9 komunikasi efektif edukatif guru dan orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 126.
Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru-guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70–77.
Hanifa, R., Hartati, S., & Nurjannah, N. (2023). Implementasi Pelaksanaan Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di Satuan PAUD: Indonesia. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 387–399.
Hardiyanti, D. (2021). Bermain: Perspektif tentang pengalaman bermain guru PAUD dan praktik bermain pada pembelajaran di PAUD. Sentra Cendekia, 2(2), 38–49.
Jaha, D. A. J., & Ate, C. P. (2024). Peran Self-Efficacy Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Di Konteks Pendidikan: Studi Kasus Di SMKN 1 Kupang Barat. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 7(2), 316–326.
Jasmine, J. (2024). Metode mengajar multiple intelligences. Nuansa Cendekia.
Khaerani, H., Putri, D., Puspita, I., Winarti, D., Sulastri, F., & Wulansuci, G. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Khan, M. H., Razak, A. Z. A., & Kenayathulla, H. B. (2021). Komuniti Pembelajaran Profesional Untuk Pembangunan Profesional Guru. JuPiDi: Jurnal Kepimpinan Pendidikan, 8(3), 55–74.
Mbato, C. L. (2024). Paradigma Pendidikan Memerdekakan: Mentransformasi Arena Mengajar Menjadi Ruang Belajar. Sanata Dharma University Press.
Minarti, I. B., Dewi, L. R., & Kurniawati, A. (2023). Implementasi Asesmen Autentik Pembelajaran Biologi Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang. Journal on Education, 5(4), 17576–17586.
Mulyana, E. H., Sumardi, S., & Yuliani, R. (2022). Pengembangan Model Pelatihan Reflektif Asesmen Alternatif Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 29–40.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.
Najmi, A. (2021). Konsep Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan.
Parwoto, M. P., Ilyas, S. N., & Salwiah, S. P. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Deepublish.
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses pembelajaran dan asesmen yang efektif. Journal on Education, 5(4), 15729–15743.
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., KM, S., Ali, I. H., MP, M. E., & Adipradipta, A. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Sirinding, A., Kania, D., Muzaqih, M. F., Ahmad, N. A., & Khoiriyah, S. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 160–167.
Solihin, N., & Muhlis, A. (2024). Penilaian Autentik terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mathlaul Fattah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 15(1), 31–48.
Tritisari, A. (2025). Penerapan Sistem Reward dan Recognition untuk Meningkatkan Produktivitas. Journal of Mandalika Literature, 6(1), 508–520.
Tumbel, M. (2023). Analisis Proses Pembelajaran pada Peserta Didik di TK Frater Don Bosco Tomohon. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 921–934.
Wardana, M. D. K. (2024). Classroom Teachers’ Problems and Strategies in Implementing the Merdeka Curriculum. Academia Open, 9(1), 10–21070.
Warouw, F. F., Setyawati, C. E., Sumenda, L., Lengkong, J. S. J., Mangobi, J. U. L., Katuuk, D. A., & Rotty, V. N. J. (2022). Problematika Pendidikan Pariwisata Berkelanjutan. CV. Azka Pustaka.
Winaryati, E., Munsarif, M., Kom, M., & Mardiana, M. P. I. (n.d.). Penilaian Otentik.
Yates, E., & Oates, R. (2021). “It’s nice to know you might make a difference”: engaging students through primary research as an authentic assessment. Student Engagement in Higher Education Journal, 3(2), 35–53.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilmiah Hilmiah, Nur Indalaillah, Ity Rukayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.