PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS XI DI SMKN 2 KOTA KEDIRI PADA TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v7i2.243Keywords:
fasilitas belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar peserta didik SMKN 2 Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, di mana data dikumpulkan untuk menguji hipotesis serta menganalisis hubungan antar variabel secara numerik menggunakan analisis statistik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 123 peserta didik dari kelas 11 di SMKN 2 Kota Kediri yang terdiri dari 4 kelas tiap kelas terdapat 25 peserta didik yang di ambil sampelnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Variabel fasilitas belajar di sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Kedua variabel independen tersebut secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar.
References
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktik (Cet 15). PT. Rineka Cipta.
Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Alfiantama, J. R., Ninghardjanti, P., & Susantiningrum, S. (2024). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didikpada mata pelajaran ekonomi. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(1), 49. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i1.75940
Chayani, L. (2019). Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta didikDi SMK Negeri 1 Pendopo Pali. In Jurnal Neraca (Vol. 3, Issue 2).
Dalyono. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bineka Cipta.
Daryanto, H.M (2006). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT
Rineka Cipta. Departemen Pendidikan Nasional Sekolah Pendidikan Indonesia.
Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Banat, S.M., Pierewan, A.C., (2019). Reading literacy and metacognitive strategy forpredicting academic achievement. Litera 18 (3), 485–497.
Eliyawati, R., & Meiyuntariningsih, T. (2018). Peran orang tua terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahapeserta didik, 1(2), 2–4.
Emzir, (2008), Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif, Pt. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Oemar Hamalik (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara 104 (2003). Manajemen Belajar Di Perguruan Tinggi. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Hanaysha, J. R., Shriedeh, F. B., & In’airat, M. (2023). Impact of classroom environment, teacher competency, information and communication technology resources, and university facilities on student engagement and academic performance. International Journal of Information Management Data Insights, 3(2). https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100188
Hardani. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif (H. Abadi (ed.)). Pustaka Ilmu.
Ibrahim, N. M., Osman, M. M., Bachok, S., & Mohamed, M. Z. (2016). Assessment on the Condition of School Facilities: Case Study of the Selected Public Schools in Gombak District. Procedia - Social and Behavioral
Hasbullah, A., Yusoff, W. Z. W., Ismail, M., & Vitasari, P. (2011). A framework study of school facilities performance in public primary school of Batubara district in Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3708–3712. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.360
Liu, K., Yao, J., Tao, D., & Yang, T. (2023). Influence of individual-technology-task-environment fit on university student online learning performance: The mediating role of behavioral, emotional, and cognitive engagement. Education and Information Technologies, 1–20.
Istikomah, Muhammad Kristiawan, dan Desi Wardiah. (2020) “An Evaluation of Literacy Program For Improving Students‟ Achievement‟ Journal International.” doi: 10.52155
Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi peserta didikdalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika, Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 69-88.
Muhamad, H., Efendi, A., & Basori, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 12(1), 56.
Nugraha, S., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian.
Nurbidayah, S. (2019). The Influence Of Students’ Perceptions Of Scientific Learning Methods And Learning Facilities Against Learning Outcomes In Class Xi Economics Subjects Of Social Sciences At Mungkid City 1 High School, Magelang District 2017/2018 Academic Year. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(5), 366–373.
Othman, R, and Abdul, R.F, (2009). Implementing school performance index (SPIn) in Malaysian primary schools. International Journal of Educational Management 23(6): 505-522
Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta didikKelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(5), 443–452.
Puspasari, Iin & Febrina Dafit. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu. 5(3), hlm 1-11.
Rahmayanti, A., & Nurkhin, A. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(1), 1–
Said, (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Peserta didikSekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal PenKomi:Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 2 No 2.
Sambas Ali Muhidin, S. Pd. , M. Si., & Dr. Maman Abdurahman, M. Pd. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam penelitian (Tim Desain dan Tim Redaksi Pustaka Setia, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV Pustaka Setia.
Sarrico, C.S., Tice, J.H. and Rodrigues, C. (2004). Managing performance in a Portuguese secondary school using the balanced scorecard,Conference Proceedings, Performance Measurement and Management: Public and Private, Edinburgh, UK
Setyorini & Wulandari. (2021). Media Pembelajaran, Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toda, A. M., do Carmo, R. M., da Silva, A. P., Bittencourt, I. I., & Isotani, S. (2019). An approach for planning and deploying gamification concepts with social networks within educational contexts. International Journal of Information Management, 46, 294–303.
Ulfah, M., & Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak, W. (n.d.). PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI IIS 2 MA MATHLA’UL ANWAR PONTIANAK.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1969 pasal 4 tentang Dasar, Fungsi dan Tujuan Pendidikan
Wang, M. T., Hofkens, T., & Ye, F. (2020). Classroom quality and adolescent student engagement and performance in mathematics: A multi-method and multi-informant approach. Journal of Youth and Adolescence, 49(10), 1987–2002.
Wicaksono, (2012). Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta didikKelas X SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Sekolah Sarjana. Fakultas Teknik Sekolah Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Perdana Habibi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.