PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v7i2.253Keywords:
Efikasi Diri, Persepsi Profesi Guru, dan Minat Menjadi GuruAbstract
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh efikasi diri dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan Tahun Akademik 2022/2023 dengan menggunakan teknik sampling probability sampling dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dan diperoleh sampel penelitian sebesar 135. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh efikasi diri dan persepsi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan. Hal ini menyatakan bahwa dengan adanya efikasi diri dan persepsi mahasiswa yang baik terhadap profesi guru akan membuat minat untuk menjadi guru semakin tinggi atau meningkat. Sementara secara simultan terdapat pengaruh secara bersama-sama antara variabel efikasi diri dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan.
References
Abdillah, M. A., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Microteaching, Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Inteverning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3369– 3381. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2615
Asrori, A. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Pena Persada.
Aulia, S. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru, Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Universitas Negeri Jakarta. Universitas Negeri Jakarta.
Daga, R., Ismail, N., & Maddatuang, B. (n.d.). Seiko: Journal of Management & Business Analisis Efektivitas Program Mandiri Dagang Untung Pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Kanwil Regional X Sulawesi DAN Maluku.
Hakim, R. R. (2019). Survei Efikasi Diri Terhadap Pemain Usia 17 Tahun Liga Topskor 2018. Universitas Negeri Jakarta.
Haryawan, S., Muchtar, B., & Syofyan Jurusan Tawar Padang, R. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru (Vol. 2, Issue 3).
Liana, H., Hairina, Y., & Komalasari, S. (2022). Pelatihan Islamic Goal Setting untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Pengambilan Keputusan Karier. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 5(1), 11–22. https://doi.org/10.15575/jpib.v5i1.11949
Nasrullah, M., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. http://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/index
Normawati, S., Anwar, S., & Indramaya, S. (2019). Etika dan Profesi Keguruan. Pt. Indagiri Dot Com.
Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.
Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Pengenalam Lapangan Persekolah (PLP), dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Setiani, D. A. F. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Melalui Prestasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Universitas Negeri Semarang.
Sholichah,S., & Pahlevi,T. (2021). Pengaruh_Persepsi_Profesi_Guru_Dan_Efikasi_ Diri_TE. Jurnal Adminstrasi Dan Manajemen Pendidikan.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar.
Widowati, R., & Raushanfikri, A. (2020). Pengembangan Skala Efikasi Diri Untuk Kesehatan Kerja (SEDKK): Studi Pendahuluan. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(2), 185–214. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss2.art3
Wijayanti, S. H. (2019). Kunci Guru Profesional. Media Akademi.
Wulandari,L.,&Pamungkas,H.P.(2022).Pengaruh_Efikasi_Diri_Persepsi_Profesi_ Guru_dan_Li (1). Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Zahro, F. F. (2020). Analisis Pengaruh Workload, Bornout Dan Islamic Self Efficacy Terhadap kinerja Karyawan Dengan Dukungan Sosial Sebagai Variabel Moderating Pada Karyawan Tenun Ikat Tradisional Lembah Karya Jepara. Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Hikmah, Tri Astuti Nur'aini, Deden Deden, Muhammad Aras

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.