A PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK MAKANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AYAM BAKAR LUNAK PAK MANTEB KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.259Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Makanan, Keputusan PembelianAbstract
Kualitas pelayanan merupakan tindakan atau cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Kualitas produk makanan merupakan peranan penting untuk konsumen dalam memutuskan pembelian dengan melihat sisi bentuk, warna dan rasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas makanan terhadap keputusan pembelian pada Ayam Bakar Lunak Pak Manteb Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari konsumen Ayam Bakar Lunak Pak Manteb Kota Samarinda yang dipilih menggunakan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diukur menggunakan Skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memperoleh nilai sebesar 3,106 dan variabel kualitas produk makanan memperoleh nilai sebesar 5,499 terhadap keputusan pembelian. Sedangkan nilai sebesar 1,985. Artinya kualitas pelayanan dan kualitas produk makanan memiliki > (3,106 dan 5,499 > 1,985) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 dan 0,001 < 0,005. Serta secara bersama-sama memperoleh nilai sebesar 71,923 sedangkan nilai 3,939 dan memiliki nilai signifikansi 0,001 < 0,005. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk makanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada ayam bakar lunak pak manteb kota samarinda.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Makanan, Keputusan Pembelian.
References
DAFTAR PUSTAKA
Firdaus Ikrar Cholik, R. B. (2022). Pengaruh Harga, Keragaman Menu Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kusuma Catering Di Bekasi. Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Persada Indonesia YAI, 58-67.
Kotler, P. and Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 . Jakarta: Erlangga.
Karisma, I. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan, Pelayanan, Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Jagung Nyumi Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Program Studi Manajemen Surabaya 2019, 1-99.
Lisda, S. P. (2021). "Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Angkringan Kopi Senja di Jalan Amal Medan Sunggal". Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Medan 2021, 1-76.
Lestari, W.S. and Yusuf, A. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Volume 5 Nomor 2 (November 2019) 94-101 http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem ISSN 2685-7057 (Online), 5, 95-101.
Nurulloh, A. (2018). "Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Ayam Nyungsep Malang". Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2018, 1-88.
Saksiyah, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Joglo Resto Keleyan Kecamatan Socah. Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan, 1-9.
Sehani. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Ruman Makan Warung Buk'de di Gomongmataram. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, 1-101.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Metodelogi Penelitian. 1-25
Suhartanto, A.Y. S.E. (2018). Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Makanan, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Restoran, dan Word of Mouth (Studi Kasus Pada Hotel Manohara Center of Borobudur Study) . Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta , 1-125.
Utomo, B.S. et al. (2021). "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin Donut (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor)" . Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor 2021, 1-13
Yuliantoro, N. et al. (2021). Pengaruh Kualitas Makanan dan Kewajiban Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial Selama Masa Pandemi Covid-19 . Vol.4 (No.1) : no. 01 – no. 53. Th. 2021 p-ISSN : 2622-1292 e-ISSN:2623-0488,9-1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aswan Aswan, Sudarman Sudarman, Ilham Abu Ilham Abu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.