PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P (PRODUCT, PRICE, PROMOTION, PLACE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO FROZEN FOOD JOM JOM
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.263Keywords:
Produk; Harga; Promosi; Lokasi; Keputusan Pembelian.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi secara parsial terhadap Keputusan Pembelian produk paket grill pada Toko Frozen Food Jom Jom. Penelitian ini dilaksanakan di Toko Frozen Food Jom Jom, dengan responden 90 orang, metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi dan penyebaran kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan melakukan uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis secara parsial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk paket grill pada Toko Frozen Food Jom Jom, sedangkan produk dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk paket grill pada Toko Frozen Food Jom Jom.
References
Agribisnis, P. S., Peternakan, F., & Diponegoro, U. (2024). Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis Analisis Pengaruh Marketing Mix 4P terhadap Kepuasan Konsumen Ayam Frozen Prima Freshmart di Kabupaten Kendal Analysis the Effect of Marketing Mix 4P to The Consumer Satisfaction. 10, 1963–1974. https://jurnal.unigal.ac.id/mimbaragribisnis/article/view/13843/pdf
C.Prihandoyo, Abdiannur, N. I. (2018). Manajemen Pemasaran.
Edi Fitriana Afriza, Rd. Roro Suci Nurdianti, Sri Hardianti Sartika, & Betanika Nila Nirbita. (2022). Peningkatan Keterampilan Pengolahan Frozen Food Dalam Rangka Menumbuhkan Perekonomian dan Mewujudkan Ketahanan Pangan. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 159–164. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.835 https://www.journal.yp3a.org/index.php/pakmas/article/view/835/438
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.
Hulu, E., Mendrofa, Y., & Kakisina, S. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Indomarco Adi Prima Cabang Medan Stok Point Nias Kota Gunungsitoli. Jurnal Ilmiah Simantek, 6(4), 106–115. https://www.simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/381/358
Khairat, N., & Widaningsih, S. (2024). Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Implementation Of The 4P Marketing Mix at Astiga Leather in 2024. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 142–151.
Kundrat, Lily Sumarti, & Ajidani Ichwanudin. (2022). Pengaruh 4p Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus di Kedai Bob’s Lounge). AGRO TATANEN | Jurnal Ilmiah Pertanian, 4(2), 35–42. https://doi.org/10.55222/agrotatanen.v4i2.844 https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/agrotatanen/article/view/844/720
M. Amir, N. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi 59, 1(59), 10. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/353/346
Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543 https://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/3543/1603
Muhammad Machrizan Nabil. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 4P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Pare Bercerita. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(3), 252–262. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i3.3061 https://prin.or.id/index.php/cemerlang/article/view/3061/2868
Oktafiyani, Y., Pancawati, J., & Anggraeni, D. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sate Bandeng ( Studi Kasus Sate Bandeng Ibu Amenah Kota Serang ) The Influence Of Marketing Mix On Buying Decision Of Milkfish Satay ( Case Study Of Sate Bandeng Ibu Amenah , Serang City ). Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa, 5(2), 291–299. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JIPT/article/view/23150/11535
Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analysis of the Influence of Price, Promotion, Location and Services Quality on Purchase Decisions in Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Analisis Pengaruh…… 3068 Jurnal EMBA, 6(4), 3068–3077. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/21224
Rahayu, S., Almahdali, Setiawan, Juliana, Mony, Diawati, Nefrida, Marhawati, Dharta, Sidanti, Afifah, Marasabessy, & Holle. (2023). konsep manajemen pemasaran.
Rfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk.
Sofiah, M., Ramadhani, S., & Bi Rahmani, N. A. (2023). Analisis pengaruh bauran pemasaran 4p (product, price, promotion, and place) terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah (umkm). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 122. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.7288 https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/8348/3404
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Billy Sagala, Sukimin Sukimin, Dwi Taufik Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.