PENGARUH CONTENT MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW MELALUAI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI 28 COFFEE BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/edueco.v8i1.264Keywords:
Content Marketing, Online Costumer Review, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Content Marketing dan Online Costumer Review secara parsial dan simultan terhadap Keputusan pembelian produk di 28 Coffee Balikpapan. Penelitian ini dilaksanakan di 28 Coffee Balikpapan dengan responden 100 orang, jmetode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran kuisioner melaluai google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis secara parsial (uji-t) dan uji secara simultan (uji-f). hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Content Marketing secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk di 28 Coffe Balikpapan, sedangkan Online Costumer Review secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap produk di 28 Coffee Balikpapan, dan secara simultan Content Marketing dan Online Costumer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap produk di 28 Coffe Balikpapan.
Kata kunci : Content Marketing, Online Costumer Review, Keputusan Pembelian
References
Adha, S. (2022). Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital: Sebuah Tinjauan Literatur.
Ayu Kristina, N., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Online Customer Review Di Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cuci Muka Garnier.
Fitriani, N., Fiqriyani, A., Amellia, D., Fadiyah, N., Nurul Fatimah, P., & Fi Janatin Aliyah, S. (2024). Pengaruh Pemasaran Meda Sosial Instagram dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian UMKM Toko Kopi Tuku. Siska Fi Janatin Aliyah INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1428614295.
Friana Amelia Ibnu Siat, & Eka Bertuah. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Social Media Influencer Terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Generasi Milenial Melalui Customer Online Review di Instagram. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 513532. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.295
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:234272300
Mahardini, S., Gryffin Singal, V., Hidayat, M., Tinggi, S., & Yai, I. E. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI TIK-TOK DI WILAYAH DKI JAKARTA. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA
Merlinda Sari, D. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Pada Followers Akun Instagram @Sociolla.
Rahmatun Nisa Almayani, & Maria Augustine Graciafernandy. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Online Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:259159920
Shabrina, V. G. (2019). Pengaruh Revolusi Digital terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.16
Tedy, S., & Sitinjak, T. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Online Customer Review pada Media Instagram terhadap Keputusan Pembelian di Krav.ery. Global Research on Economy, Business, Communication, and Information, 1(2), 7786. https://doi.org/10.46806/grebuci.v1i2.1126
We Are Social. (2024). Digital 2024: 5 miliar pengguna media sosial - We Are Social Indonesia. https://wearesocial-com.translate.goog/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sc
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 muhammad rizky ferdiansyah, C Prihandoyo C Prihandoyo, Stepanus Dedy Deomedes

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.